sign up SIGN UP search


parenting

Hujan-hujanan Bisa Bikin Anak Pilek, Masa Sih?

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 19 Aug 2017 14:09 WIB
'Jangan hujan-hujanan, nanti pilek.' Suka ngomong gitu ke si kecil, Bun? caption
Jakarta - Ada anak yang senang main air. Kalau hujan, senang banget deh kalau hujan-hujanan. Tapi, kadang kita sering khawatir gitu nggak sih Bun nanti kalau si kecil hujan-hujanan, dia bakal pilek. Jadilah kita larang dia hujan-hujanan.

Soal hujan-hujanan, memang atmosfer kita udah makin tipis nih, Bun. Jadi, hujan sifatnya lebih asam dan seperti kata dr Sandra Darmawan SpA dari RS Mayapada Lebak Bulus, memang barangkali air hujan sekarang nggak sebersih air hujan zaman dulu he he he. Tapi Bun, kata dr Sandra anak hujan-hujanan bukan sesuatu yang nggak baik dilakukan juga kok.

dr Sandra bilang, pas kena hujan, suhu airnya kan dingin. Nah, tubuh kita suhunya relatif panas. Jadi, pas badan kita diguyur air yang suhunya dingin, akan terjadi perubahan suhu dan kata dr Sandra itulah yang memicu kita jadi pilek.


"Terutama kalau anak lagi nggak fit. Kalau anak fit, biasanya pilek satu dua hari, terus akan baik sendiri," kata dr Sandra waktu ngobrol sama HaiBunda.

Bunda pernah dengar nggak kalau gerimis lebih bahaya, dalam artian lebih rentan bikin sakit daripada kena hujan deras? dr Sandra bilang ini memang ada alasannya. Kok bisa? Kita perlu tahu nih, air hujan kan sifatnya asam. Apalagi air hujan asalnya dari mana aja nih, Bun.

Baca juga: Pelajaran yang Didapat Anak Saat Hujan-hujanan

"Kalau diguyur gitu aja dari atas, begitu banyak zat-zat di dalamnya kayak cepat hilang gitu aja. Beda, kalau gerimis kan satu-satu, zat yang ada di dalam tetesan air hujannya lebih intens sifatnya ke kita," kata dr Sandra.

Untuk itu, memang kalau gerimis bisa bikin kita lebih gampang sakit. Tapi, Dok kalau anak udah terlanjur kehujanan atau ya sesekali, kita bolehin main hujan-hujanan, apa yang perlu kita lakukan?

Tenang, Bun. Cukup mandiin anak pakai air hangat supaya suhu tubuhnya kembali ke suhu tubuh kita yang relatif lebih panas. Setelah kena air hujan suhu tubuh turun, pas disiram pakai air hangat lagi, suhu tubuh kita bisa netral lagi dan kembali ke semula.

Bunda sendiri, pernah bolehin anak hujan-hujanan? Kalau habis hujan-hujanan, biasanya apa yang Bunda lakukan ke anak? Berbagi cerita Bunda yuk di kolom komentar.

Baca juga: Sesekali, Anak Tidak Apa-apa Lho Main Hujan-hujanan

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi