parenting

Penyebab Anak Terlambat Bicara

Selasa, 22 Aug 2017 16:34 WIB
Penyebab Anak Terlambat Bicara
Jakarta - Anak umur 1 tahun biasanya sering banget ngoceh dan ketika umur 2 tahun, sudah bisa mengucap beberapa kata. Kalau masih diam-diam saja dan cenderung nggak merespons, kita harus waspada, Bun. Bisa jadi anak kita mengalami keterlambatan bicara atau speech delay. Apa sih penyebabnya?.

Kata Kelly L. Komisaruk MEd CCC/SLP dari Nemours Hospital for Children di Wilmington, anak terlambat bicara bisa jadi karena belum berkembangnya frenulum (lipatan di bawah lidah). Jadi, dia membatasi gerakan lidah untuk mengeluarkan ucapan.

"Masalah motorik juga bisa jadi penyebab keterlambatan bicara pada anak. Ketika ada masalah di otak yang bertanggungjawab untuk berbicara, maka anak akan sulit mengkoordinasikan bibir, lidah dan rahang untuk menghasilkan ucapan," kata Komisaruk dikutip dari Kids Health.


Baca juga: Bunda, Begini Tahapan Anak Bicara

Pendengaran yang bermasalah seperti infeksi telinga kronis juga bisa bikin anak terlambat bicara, Bun. Soalnya, anak-anak yang mengalami kesulitan mendengar mungkin mengalami masalah dalam mengartikulasikan serta memahami, meniru, dan menggunakan bahasa.

Kalau memang si kecil terlambat bicara, tapi kok perkembangannya secara keseluruhan baik-baik aja, bisa jadi anak lagi mencoba menyempurnakan satu keterampilan lebih dulu. Misalnya, anak lebih dulu bisa jalan ketimbang bicara.

Baca juga: Cara Bicara Seperti Ini ke Anak, Sebaiknya Kita Hindari Ya Bun

Kata Komisaruk, penting banget buat orang tua memanfaatkan waktu sebanyak-banyaknya untuk berkomunikasi sama anak untuk mencegah keterlambatan bicara. Nggak perlu repot-repot, untuk berkomunikasi sama anak, kita bisa baca buku dan nyanyi buat mereka sejak masih bayi dan. Selain itu, pintar-pintar manfaatkan situasi sekitar juga, Bun. Contohnya, pas lagi belanja di supermarket, kita bisa nih menyebut benda-benda yang ada di supermarket. Dengan begitu, anak bisa tertarik dan kemampuannya bertambah deh.

"Lingkungan di sekitar anak juga berpengaruh besar terhadap keberhasilan anak bisa bicara . Jika ingin kondisi yang kooperatif, lakukan di ruang yang tidak banyak distraksi, apalagi jika memang anak memerlukan konsentrasi penuh. Ini biasanya untuk anak-anak yang memiliki kondisi yang agak aktif," tambah Rita Rahmawati, Amd. TW, S.Pd., terapis wicara dari RS Harapan Kita.

Sementara, dr Aditya Suryansah SpA dari RSAB Harapan Kita bilang ada berbagai penyebab ana telat bicara. Kata dr Adit, yang pertama sekaligus tersering adalah kurangnya komunikasi kita ke anak. Anak jarang diajak bicara atau kita ajari dia lebih dari satu bahasa sehari-hari, alhasil anak bingung.

Kedua, ada kelemahan saraf motorik bicara. Biasanya, hal ini perlu pelatihan khusus dan diharapkan anak jadi bisa bicara setelah dilakukan pelatihan khusus. Nah, ketiga karena ada penyakit lain kayak retardasi mental atau autisme.

"Kalau anak mengalami keterlambatan bicara cobalah periksakan anak ke dokter untuk melihat tumbuh kembangnya sehingga kita dapat merencanakan terapi yang terbaik untuk anak kita," kata dr Adit, dikutip dari detikHealth. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi