parenting

Cuma Pakai Kertas, Kita Bisa Asah Kreativitas Anak, Lho

Joko Supriyanto Senin, 28 Aug 2017 11:05 WIB
Cuma Pakai Kertas, Kita Bisa Asah Kreativitas Anak, Lho
Jakarta - Kertas bisa dipakai untuk mengasah kreativitas anak? Iya, bisa banget, Bun, asal tahu caranya. Karena dengan kertas kita bisa mengajak si kecil berkreasi dan berimajinasi.

Nah, dengan media kertas pula, gerakan Mungilmu diluncurkan melalui Instagram @mungilmu. Mungilmu sendiri berarti 'Sahabat si Mungil Mencari Ilmu'. Jadi mungilmu menyebarkan ilmu melalui media ringan seperti kertas yang pengaplikasiannya dibentuk seperti huruf, angka, gambar karakter, dan bentuk mainan lainnya yang edukatif.

Mungilmu bekerja menggunakan sistem online jarak jauh. Jadi Bunda bisa mengunjungi langsung Instagram @mungilmu atau langsung mengunjungi website mungilmu.com. Di situ, Bunda bisa bertanya secara langsung kepada tim Mungilmu dan bisa konsultasi terkait permaian yang disediakan.


Mungilmu nggak sembarangan kasih mainan atau kegiatan untuk ibu dan anak, lho. Sebab mereka punya kurikulum sendiri. Tapi jangan khawatir, beberapa permainan mungilmu bisa didapatkan gratis di website mungilmu.com/unduh.

Baca juga: Ini yang Bisa Kita Lakukan Saat Anak Lihat Konten Mengerikan

Nah, kalau Bunda menginginkan kurikulum utuh, maka bisa mendapatkannya setelah berlangganan. Minimal berlangganannya adalah selama satu bulan. Materi bisa didapatkan via email ataupun cetak, tergantung pilihan.

"Materi yang dikirim via email dalam bentuk file PDF, orang tua yang akan mengeprint sendiri materinya. Sedangkan format cetak, materi Mungilmu kami cetak dan kirim ke rumah pelanggan," kata Azka Madihah, pendiri Mungilmu saat berbincang dengan HaiBunda.

Mainan yang disediakan mungilmu ini bisa digunakan oleh anak usia 6 bulan hingga 6 tahun. Selain aman, mainan atau kegiatan bermain ini dapat mengasah kreativitas anak.

Salah satu cara efektif untuk mengasah kreativitas anak ialah dengan bermain peran. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan anak prasekolah yang gemar bermain peran memiliki tingkat kreativitas tinggi.

Untuk itu, yuk kita ajak si kecil bermain peran. Jadi kita buatkan skenario atau cerita yang menarik dalam permainan ini. Lalu jangan lupa siapkan pula alat peraga pendukung. Kalau di kegiatan Mungilmu, alat peraga cukup di-print dan digunting saja. Jadi dari perlengkapan main dokter-dokteran, uang-uangan, tiket, alat masak, yang jadi alat peraga, semua dari kertas.

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Yuk Kenalin Permainan Tradisional ke Anak-anak

Gimana, minta mencoba mengembangkan kreativitas anak hanya dengan mengandalkan kertas, Bun?

(jos)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi