parenting

Alasan Mengharukan Gadis Pakai Gaun Cinderella Saat Maraton

Asri Ediyati Senin, 18 Sep 2017 16:59 WIB
Alasan Mengharukan Gadis Pakai Gaun Cinderella Saat Maraton
Jakarta - Yang kita tahu, kalau lagi marathon pasti diharuskan memakai kaus lomba maraton lengkap dengan nomor pesertanya. Tapi, gadis ini justru maraton dengan memakai kostum berupa gaun Cinderella, Bun.

Hal ini berawal dari sang gadis yang bernama Katy Miles, ikut lomba maraton bersama ayahnya di acara Great North Run. Rupanya, di acara tersebut ia menggalang dana untuk Teenage Cancer Trust. Ia berharap dengan menggalang dana, acara tersebut juga menginspirasi banyak orang untuk mendukung dan menyemangati anak-anak dan remaja yang mengidap kanker.

"Awalnya saya menargetkan untuk mendapatkan dana 14 juta di acara lari ini, tapi senang sekali rasanya kalau ternyata dana yang tergalang mencapai 20 juta," kata Katy dikutip dari Babble.


Baca juga: Wah! Anak-anak di RS Ini Dijenguk Captain Jack Sparrow

Lalu, apa hubungannya Katy memakai kostum Cinderella dengan galang dana untuk anak pasien kanker?Ternyata, Katy adalah survivor kanker, Bun! Di umur 4 tahun, Katy diagnosis Wilm's Tumor. Diagnosis yang diterima Katy kala itu membuat sang ibu, Louise Miles seperti tersambar petir.

"Alasan saya memakai kostum Cinderella karena saya selalu memakai gaunnya saat kemoterapi. Cinderella adalah princess Disney favorit saya. Dengan memakai gaun ini adalah wujud syukur dan selebrasi perjalanan yang saya lalui dengan kanker," ujar Katy.

Baca juga: Cerita Tentang Pak Polisi yang Gemar 'Berubah' Jadi Superhero

Katy bilang ia amat beruntung bisa sembuh dari penyakit yang diidapnya selama 10 bulan. Jujur, ia lupa secara detail pengobatan apa saja yang ia jalani karena masih sangat kecil. Nggak terbayangkan olehnya kalau diagnosis itu didapatnya saat ini, saat usianya 17 tahun.

"Saya menggalang dana untuk menyemangati para anak dan remaja agar bisa sembuh dari kanker. Karena usia remaja bisa dibilang masa-masa yang indah, sebuah garis 'start' di mana kita memulai hidup dengan mandiri," kata Katy.

Menurut Mayo Clinic, Wilm's tumor adalah sejenis kanker langka yang menyerang ginjal. Biasanya kanker ini menyerang anak-anak usia 3-4 tahun. Risikonya bisa berkurang setelah anak menginjak usia 5 tahun. Sebagian besar Wilm's tumor terjadi di satu ginjal saja, meskipun ada beberapa kasus yang menyerang kedua ginjal. Gejalanya bisa ditandai dengan perut yang membengkak, demam, urine berdarah dan terus muntah. (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi