sign up SIGN UP search


parenting

Antimainstream! Sekolah Unik dari Berbagai Belahan Dunia

Asri Ediyati Rabu, 27 Sep 2017 15:00 WIB
Sekolah-sekolah ini beda dari yang lain. Sebab, di sekolah ini diusung konsep yang 'out of the box'. Seperti apa keunikannya? caption
Jakarta - Apa yang terlintas di pikiran Bunda waktu dengar kata konsep sekolah? Bisa jadi bangunan bertingkat dengan konsep formal dan kaku, plus berbagai sarana dan prasarana yang tersedia.

Nah, Bunda tahu nggak kalau di berbagai belahan dunia ada lho sekolah yang konsepnya unik dan berbeda banget sama sekolah pada umumnya. Dirangkum HaiBunda, inilah sekolah-sekolah dengan konsep unik dari berbagai penjuru dunia.

1. Sekolah Terapung Makoko di Lagos, Nigeria


<i>Antimainstream</i>! Sekolah Unik dari Berbagai Belahan DuniaSekolah Terapung Makoko, Lagos, Nigeria /Foto: nleworks.com

Sekolah yang terletak di Lagos Nigeria ini memang mengapung di atas air karena letaknya di daerah pesisir. Dirancang oleh NLE, sebuah firma arsitektur dan didanai The Heincrich Boll Foundation serta United Nations (PBB), sekolah ini ditujukan untuk semua kalangan tanpa memandang usia.

Dengan konsepnya yang unik, sekolah yang luasnya sekitar 92 ribu meter persegi ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti ruang bermain, toilet kompos dan tentunya ruang kelas. Semua ruang bisa muat sampai 100 orang lho. Wah, besar juga ya kapasitasnya.

PBB mengestimasi pada tahun 2050 populasi di Afrika akan meningkat 2 kali lipat. Selain itu, faktanya yang terjadi adalah kebanyakan penduduk yang mendominasi Afrika berumur muda. Sekolah inilah salah satu upaya PBB untuk memberdayakan para pemuda di sana.

2. Oerestad Gymnasium di Copenhagen, Denmark

<i>Antimainstream</i>! Sekolah Unik dari Berbagai Belahan DuniaOerestad Gymnasium, Copenhagen, Denmark/ Foto: oerestadgym.dk

Oerestad Gymnasium adalah sebuh kelas yang 'raksasa' yang bisa menampung 358 siswa di dalamnya. Apa yang unik? Bentuk sekolah ini seperti kubus dan di dalamnya memiliki konsep 'open space' supaya murid bisa melihat kegiatan lainnya yang berlangsung. Nggak cuma sampai situ Bun, di dalam kelas yang berdinding kaca ini terdapat 'drum' di mana para murid bisa duduk dan belajar.

Sang kepala sekolah, Allan K Andersen bilang bahwa tujuan dari konsep sekolah tersebut agar para siswa tak hanya belajar dari apa yang mereka dapat. Tapi, juga mempraktikannya. Konsep kelas yang 'terbuka' ini juga diharapkan bisa membuat anak mendapat suasana belajar yang lebih rileks.

Baca juga: Keren! Guru Ini 'Sulap' Ruang Kelas Jadi Sekolah Harry Potter

3. Big Picture di Rhode Island

<i>Antimainstream</i>! Sekolah Unik dari Berbagai Belahan DuniaSekolah Big Picture /Foto: bigpicture.org

Kalau di Indonesia mungkin sekolah yang satu ini hampir sama dengan sekolah menengah kejuruan (SMK), Bun. Cuma yang membedakan adalah semua yang murid pelajari langsung dipraktikan bersamaan dengan teori yang diberikan.

Saat awal masuk sekolah ini, para murid akan menemukan dan mempelajari passion-nya masing-masing. Kemudian di akhir masa sekolah , masing-masing murid akan menyelesaikan LTI atau Learning Through Internship' alias magang. Bidangnya macam-macam Bun ada perbengkelan, perkapalan sampai hukum.

4. AltSchool di San Fransisco, California

<i>Antimainstream</i>! Sekolah Unik dari Berbagai Belahan DuniaAltSchool, San Fransisco, California /Foto: altschool.com

Sekolah yang satu ini bisa dibilang sekolah Silicon Valley. Itu lho Bun, markasnya Facebook, Google dan perusahaan IT lainnya yang mendunia. Dengan konsep penuh teknologi, para murid yang bisa dibilang seumuran anak SD sudah diajarkan 3D modeling. Wah! Keren ya.

Sang CEO, Max Ventilla menjelakan bahwa sekolah ini akan mempersiapkan anak-anak mengahadapi perubahan global. Nggak cuma teknologi, layaknya sekolah pada umumnya, di AltSchool anak akan diedukasi mengenai problem-solving, sosial emosional dan merancang gol di masa depan. Sekolah yang memiliki kesan 'futuristik' ini mengedukasi anak usia 4 hingga 14 tahun sejak 2013 silam.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Sekolah Pangeran George

5. Sekolah Vokasi Sra Pou di Kamboja

<i>Antimainstream</i>! Sekolah Unik dari Berbagai Belahan DuniaSekolah Vokasi Sra Pou, Kamboja /Foto: ukumbi.org

Dirancang oleh firma arsitektur asal Finlandia, Rudanko + Kankkunen, sekolah di Kamboja ini ditujukan untuk berbagai kalangan usia. Sekolah ini dibangun untuk mendidik warga desa supaya mengembangkan minat mereka menjadi sebuah bisnis. Tenaga pendidik yang mengajar berasal dari NGO Kamboja.

Rudanko + Kankkunen menjelaskan, daripada warga desa bekerja dengan gaji yang rendah lebih baik belajar bagaimana cara membuka bisnis dengan produksi rumah tangga. Ketika tidak ada jadwal kelas, bangunan sekolah tersebut digunakan sebagai town hall, tempat pertemuan pemuka desa. (rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!