sign up SIGN UP search


parenting

Wow! Sekolah-sekolah Ini Punya Konsep yang Super Unik

Asri Ediyati Rabu, 27 Sep 2017 17:03 WIB
Sekolah-sekolah ini bisa dibilang super inovatif, Bun! Konsepnya nggak biasa dan unik banget. caption
Jakarta - Sekolah umumnya hanya berbentuk bangunan formal dengan berbagai ruangan dan fasilitas penunjangnya. Nah, gimana ya kalau sekolah dibangun dengan konsep yang nggak biasa dan unik sampai-sampai, bisa dipikir bukan sebuah sekolah?

Ada lho Bun sekolah-sekolah yang punya konsep unik sehingga tampilan bahkan programnya pun terbilang nggak biasa, juga out of the box. Apa aja sih sekolah-sekolah itu? Berikut ini, Bun daftarnya seperti dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber.

1. P-TECH High School di Brooklyn, New York


Wow! Sekolah-sekolah Ini Punya Konsep yang Super UnikP-TECH School /Foto: IBM

P-TECH High School ini dibuka oleh IBM, perusahaan IT ternama pada tahun 2011. Dari namanya, jelas banget ya Bun kalau sekolah ini berbasis teknologi. P-TECH Higs School menawarkan program yang 'menjembatani' sekolah dengan kampus. Di program tersebut, para murid yang telah lulus dari bangku SMP akan menempuh pendidikan selama 6 tahun. Setelah lulus dari program tersebut, murid akan segera mendapatkan gelar sarjana di kampus berbasis teknologi juga di New York. Wah, keren ya!

Ilmu yang diajarkan di sana semuanya berbasis STEM (Science Technology Engineering Math). Di tahun 2017 ini, P-TECH High School baru saja meluluskan angkatan pertama mereka lho, Bun. Sang pencetus sekolah, Stanley Litow memaparkan bahwa sekolahnya tak hanya menjembatani para siswanya untuk bisa cepat mendapat gelar sarjana, tapi juga supata mereka bisa dapat karir menjanjinkan di masa depan.

2. Steve Jobs School di Amsterdam, Belanda

Wow! Sekolah-sekolah Ini Punya Konsep yang Super UnikSteve Jobs School, Amsterdam /Foto: stevejobsschool.world

Murid-murid di sekolah ini merancang pendidikan dan sistem pembelajarannya sendiri. Pada awal tahun pelajaran, mereka akan menjalani Individual Development Plan (IDP). Setiap 6 minggu sekali, IDP masing-masing anak akan dievaluasi oleh para muridnya sendiri, orang
tua dan pelatih. Kok ada pelatiha? Iya Bun, di sini murid menyebut pendidik sebagai pelatih, bukan guru.

"Dari evaluasi IDP tersebut nantinya bakal ketahuan, murid tersebut berminat pada bidang apa," kata Maurice de Hond selaku pendiri sekolah. Semua murid kelas 4 hingga 12 akan mendapatkan iPad lengkap dengan aplikasi khusus dari sekolah. Kata Maurice, di Steve Jobs School, semua anak nggak dibeda-bedakan karena masing-masing punya minat tersendiri pada bidang tertentu.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Sekolah Pangeran George

3. Brightwork School di San Fransisco, California

Wow! Sekolah-sekolah Ini Punya Konsep yang Super UnikBrightwork School, San Fransisco /Foto: sfbrightworks.org

Sekolah yang didirikan oleh Gever Tulley pada 2011 benar-benar sekolah yang nggak biasa, Bun. Para murid diajarkan hal-hal 'berbahaya' yang dilarang oleh orang tua mereka. Semua murid dari TK A hingga kelas 12 diajak bermain kotor-kotoran, bermain api, memakai peralatan rumah yang nggak aman bagi anak kecil dan membuat karya seni.

Kata Gever, para murid diajak dan dirangkul untuk andil dalam pendidikannya sendiri. Dengan begini, diharapkan para murid bisa lebih termotivasi mengembangkan keterampilan dan minatnya masing-masing. Tahu nggak, Bun? Sekolah ini penuh dengan perkakas dan karya seni para murid lho.

4. Innova School di Peru

Wow! Sekolah-sekolah Ini Punya Konsep yang Super UnikInnova Schools, Peru /Foto: innovaschools.edu.pe

Sekolah yang berpusat di Peru ini merupakan sekolah yang didirikan oleh pengusaha miliarder Carlos Rodriguez-Pastor dengan bantuan sebuah firma desain IDEO pada tahun 2011. Saat ini, sekolah tersebut sudah punya 29 cabang di seluruh dunia. Berbasis tech-heavy online learning, para murid di sekolah mendapatkan pelajaran melalui internet.

Uniknya, murid di sekolah Innova hanya belajar hingga kelas 11 saja. Untuk biaya per bulan, orang tua hanya merogoh kocek kurang lebih Rp 1,7 juta. Cukup terjangkau kan Bun untuk sekolah berbasis teknologi dan internasional?

Baca juga: Keren! Guru Ini 'Sulap' Ruang Kelas Jadi Sekolah Harry Potter

5. Carpe Diem School di Aiken, Ohio

Wow! Sekolah-sekolah Ini Punya Konsep yang Super UnikCarpe Diem School, Ohio /Foto: carpediemwestwood.com

Kalau dilihat dari luar maupun interiornya, sekolah ini persis banget kayak gedung perkantoran. Dipenuhi cubicle yang bersekat-sekat ala kantor, ternyata ada maksudnya, Bun. Sang CEO Dr Robert Sommers menjelaskan kalau sekolah ingin para murid berkonsentrasi dan mencapai targetnya masing-masing.

Setiap cubicle ada komputernya dan menjadi tempat untuk masing-masing murid belajar sesuai dengan minatnya. Bukan juga bermaksud agar murid lebih individualis, tapi Robert ingin agar murid-muridnya siap menghadapi masa depan dan bisa sukses di bidang yang mereka sukai. (rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!