parenting

Kisah Manis Petugas Pemadam Bacakan Cerita untuk Seorang Anak

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 03 Oct 2017 11:04 WIB
Kisah Manis Petugas Pemadam Bacakan Cerita untuk Seorang Anak
Jakarta - Memang, tugas utama pemadam kebakaran adalah memadamkan api sehingga situasinya aman. Tapi, bukan berarti petugas pemadam kebakaran nggak bisa melakukan hal 'manis' untuk memberi bantuan lho. Misalnya aja membacakan cerita untuk seorang anak.

Adalah salah satu petugas pemadam kebakaran The Roseville Fire Department dari Roseville, California yang melakukan ini. Kala itu, ada panggilan medis darurat di mana seorang anak mesti dibawa segera ke rumah sakit. Sayang, sang kakak tidak ada yang menemani, Bun, di rumah. Jadilah si kakak ditemani sejenak sama petugas pemadam sehingga si ayah bisa mengantar adiknya ke RS.

Kebetulan, sang ibu sedang nggak ada di rumah dan selama menunggu si ibu datang, petugas pemadam yang nggak disebutkan namanya itu memilih membacakan cerita 'Put Me in the Zoo' buat anak tersebut. Video ketika petugas pemadam membacakan cerita diunggah di akun Facebook Roseville Fire Department. Sejak diunggah pada 25 September lalu, video berdurasi 19 detik ini sudah dilihat lebih dari 49 ribu kali, Bun.


Terlihat si petugas dengan telaten membacakan cerita buat si anak yang duduk di atas sesuatu. Meski sambil menggerak-gerakkan badannya, bocah tersebut kelihatan serius mendengar cerita yang dibawakan. Apalagi, cara petugas pemadam itu membacakan cerita bisa diacungi jempol lho, Bun.

Intonasi dan ekspresi ditunjukkan si petugas. Hmm, pantas si anak anteng ya mendengar cerita yang dibacakan, hi-hi-hi. Dalam keterangan video, dituliskan kalau si petugas pemadam yang disebut 'engine 5' menanggapi panggilan medis di mana pasien yang masih di bawah umur harus dibawa ke RS pakai ambulans dan harus ditemani sang ayah.

Baca juga: 'Buah Hatiku Jadi Inspirasiku Menulis Buku Cerita Anak'

"Engine 5 lantas tinggal bersama kakak si pasien sampai ibunya sampai ke rumah. Selama itu, engine 5 melakukan pekerjaan yang hebat dan berhasil membacakan cerita hingga si anak terhibur," demikian keterangan dalam video tersebut.

Saat petugas pemadam kebakaran bacakan cerita untuk anakSaat petugas pemadam kebakaran bacakan cerita untuk anak (Foto: Facebook/ Roseville Fire Department)


Apa yang dilakukan si petugas mendapat respons positif dari netizen. Kebanyakan netizen kagum dengan apa yang dilakukan si petugas, bahkan ada yang menebak kalau petugas itu sudah punya anak lho. Soal membacakan cerita buat anak, itu memang bisa jadi sesuatu yang menarik buat anak sehingga mereka anteng dibuatnya. Tapi, tergantung kita yang membacakan cerita juga nih, Bun.

Kalau kata psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, saat membacakan cerita buat anak, salah satu kunci yang bisa bikin anak anteng mendengarkan ceritanya adalah kita baca cerita tersebut dengan ekspresi, intonasi, dan penjiwaan. Kalau cerita dibacakan dengan flat alias datar-datar aja, jangan heran kalau anak nggak tertarik.

"Kadang kita memang harus ekspresif, misalnya suaranya disesuaikan sama tokohnya. Terus kalau pas nangis tokohnya, kita juga pura-pura nangis. Akan lebih bagus kalau ada alat peraga. Buat anak yang udah lebih besar, kita bisa ajak mereka berimajinasi kira-kira alur ceritanya jadi seperti apa," kata Ratih yang praktik di RaQQi Human Development and Learning Centre, dikutip dari detikHealth.

Baca juga: Sederet Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi