sign up SIGN UP search


parenting

Trik Istri Indra Birowo Minimalkan Pemakaian Gadget oleh Anak

Radian Nyi Sukmasari   |   Haibunda Selasa, 03 Oct 2017 18:10 WIB
Istri Indra Birowo punya trik tersendiri supaya pemakaian gadget oleh anaknya seminimal mungkin. caption
Jakarta - Tak ingin anaknya terlalu sering main gadget, istri aktor Indra Birowo, Ui Birowo, punya trik tersendiri. Hmm, apa sih trik Ui untuk meminimalkan pemakaian gadget oleh kedua putranya?

Saat kedua putranya, Arkananta Putra Birowo (11) dan Mahija Shafiq Birowo (6) kecil, sebisa mungkin Ui tidak memegang gadget di depan sang anak. Toh memakai gadget, Ui menunggu sang anak nggak melihatnya, Bun.

"Karena bagaimanapun kalau anak-anak ngelihat saya pakai gadget kan bakal penasaran. Apalagi kalau lagi mau nidurin mereka, aku pasti bilang ke temanku mau nidurin anak-anak dulu," kata Ui di sela-sela 18th Kidz Station Anniversary Celebration di Gandaria City, Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Setelah itu, Ui benar-benar menaruh gadget-nya, Bun. Kata salah satu teman, kalau udah berpesan kayak gitu, pesan di WhatsApp misalnya, memang bakal dibalas besok paginya. Semakin besar Arka dan Mahija, pastinya mereka makin familiar dengan gadget. Tapi, lagi-lagi Ui berusaha meminimalkan pemakaian gadget oleh kedua anaknya.

Baca juga: Slot Pintu Bisa Bantu Awasi Pemakaian Gadget Anak Lho, Bun

Caranya, Ui memberikan aktivitas lain untuk Arka dan Mahija mulai dari mainan sampai kegiatan harian lainnya. Untuk menyediakan aktivitas yang menyenangkan, kata Ui dirinya dan Indra harus kreatif dan lebay, Bun. Lebay di sini dalam artian benar-benar dilakukan sepenuh hati dan kadang jadi kelihatan lebay deh, he-he-he.

"Mulai dari main congklak sampai nggambar-nggambar. Bener-bener kita harus kreatif sih. Muter otak. Nggak boleh kehabisan akal. Habis main yang satu kita main apa lagi nih yang menarik buat anak. Dan nggak lupa untuk menerapkan waktu bebas gadget, harus komitmen. Itu yang kadang kerasa susah-susah gampang," tambah Ui.

Sementara itu, di sekolahnya Arka wajib pakai laptop nih, Bun. Tapi, Ui tetap berprinsip supaya si anak aman saat pakai laptopnya. Karena seperti kita tahu saat browsing di internet kadang hasilnya kan di luar dugaan ya. Untuk mengantisipasi itu terjadi, Ui bilang ke Arka jika pakai laptop tunggu bubu, papa, atau ada orang dewasa yang mendampinginya.

Nah, itu dia trik Ui meminimalkan pemakaian gadget oleh anaknya. Kalau Bunda, apa trik yang dipakai? Yuk berbagi pengalaman Bunda di kolon komentar.

Baca juga: Usia Berapa Sih Anak Boleh Punya Gadget Sendiri?

(rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!