parenting

Tips agar Anak Terbiasa Minta Izin Saat Ingin Bermain Gadget

Asri Ediyati Senin, 24 Jun 2019 14:04 WIB
Tips agar Anak Terbiasa Minta Izin Saat Ingin Bermain Gadget
Jakarta - Anak kecanduan gadget masih menjadi salah satu masalah dalam pola asuh milenial. Memang sih, enggak dimungkiri lagi kalau sekarang zaman serba digital. Namun bukan berarti waktu bermain anak sebenarnya terkuras dengan screen time.

Bubun sendiri atau bahkan Bunda yang membaca mungkin punya pengalaman, melihat beberapa anak minta izin dengan sopan saat bermain gadget. Soal ini Bubun berkonsultasi langsung di forum diskusi dengan psikolog. Bagaimana sih tipsnya supaya anak terbiasa minta izin saat ingin bermain gadget?


Kata psikolog anak dari Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, itu enggak terjadi dalam semalam, Bun. Maksudnya butuh proses sampai anak itu punya sebuah asosiasi kalau dia mau minta main gadget harus izin dahulu.


Menurut psikolog yang akrab disapa Saskhya, orang tua perlu bersabar dahulu ketika anak marah ketika diberi pengertian atau dibatasi bermain gadget.

"Ketika anak marah itu otak bagian logikanya off. Yang bisa lakukan adalah kita redakan dulu emosionalnya, kita peluk, kita kasih minum. Begitu anak tenang, nanti dijelasi baik-baik, Bolehnya kenapa, enggak bolehnya kenapa," ujar Saskhya di sela-sela acara Talkshow Tiga Generasi, Wonderfest 2019, di JCC Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.
Tips agar Anak Terbiasa Minta Izin Saat Ingin Bermain GadgetTips agar Anak Terbiasa Minta Izin Saat Ingin Bermain Gadget/ Foto: Thinkstock
Dengan begitu, Saskhya melanjutkan, orang tua bisa melabel emosi anak. Lalu perlu diperhatikan, pada saat diberi pengertian dilakukan enggak cuma suara kita tapi ekspresi juga perlu dikontrol.

"Suaranya lembut tapi ekspresinya marah kan anak juga bisa terbaca oleh anak, dia akan takut. Begitu semua sudah oke, konsisten untuk lakukan hal yang sama. Lama kelamaan anak akan mengerti kalau mau apa-apa tanya ke orang tuanya lebih dulu," kata Saskhya.


Ini juga untuk menghindari anak berpikir 'Daripada aku minta izin mendingan diterabas saja nanti minta maaf'.

"Biasanya yang harus diperhatikan emosi dan behavior kita (orang tua) dalam menghadapi anak, kita ke anak juga sabar. Tiap anak itu beda-beda, ada yang satu dua kali dikasih instruksi udah mengerti, tapi ada juga yang berkal-kali harus diberi penjelasan," tuturnya.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi