sign up SIGN UP search


parenting

Cerita Anak Kembar Lula Kamal Ikut Semangat Basmi Jentik Nyamuk

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 09 Nov 2017 15:02 WIB
Lula Kamal punya cerita soal anak kembarnya yang semangat banget ikutan basmi jentik nyamuk. caption
Jakarta - Untuk membasmi jentik nyamuk, kita bisa nih, Bun, ngajarin anak-anak menjaga kebersihan terutama di rumah. Seperti yang dilakukan Lula Kamal ke anak kembarnya hingga mereka sadar banget sama pentingnya jaga kebersihan.

Lula bercerita anak kembarnya yang sekarang berumur 7 tahun, Karim Muhammad Tirta Sasmita dan Halil Muhammad Tirta Sasmita udah mengerti soal bahaya gigitan nyamuk yang bisa menularkan penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD). Makanya, si kembar ikut jaga kebersihan rumah, salah satunya dengan nggak membiarkan ada air tergenang.

"Seperti kita tahu nyamuk Aedes aegypti kan suka banget sama genangan air bersih. Nah, di rumah anakku yang kembar rajin buangin air yang netes-netes dari dispenser," kata Lula Kamal di sela-sela konferensi pers Launching HIT Expert di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2017).


Apalagi namanya anak-anak ya, Bun, senang banget nih kalau udah main air. Apa yang bikin si kembar peduli untuk nggak membiarkan ada genangan air sehingga nggak jadi tempat nyamuk berkembang biak? Kata Lula, dua atau tiga tahun lalu saat banyak kasus DBD dirinya memang mengedukasi si kembar.

Karim dan Halil awalnya bingung kenapa nyamuk berbahaya padahal ukurannya aja kecil. Tapi, bunda Lula ngasih penjelasan nih kalau nyamuk bisa jadi perantara penularan penyakit. Sejak itulah Karim dan Halil paham penting banget untuk nggak ngasih kesempatan nyamuk berkembang biak, salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan.

"Kalau untuk nyemprot anti nyamuk aerosol sendiri sih nggak ya. Habisnya namanya anak-anak kadang tangan mereka habis pegang aerosol itu, lupa cuci tangan. Di rumah kan juga ada kucing, mereka bisa langsung pegang-pegang gitu," tambah Lula.

Sampai sekarang, Lula bersyukur di keluarganya tidak ada yang kena DBD dan dia berharap jangan sampai kena DBD. Tapi, kalau keponakan cukup sering, Bun, yang kena DBD. Makanya kalau udah musim kayak gini di mana cuaca nggak menentu, Lula sering mengingatkan saudara-saudaranya untuk nggak membiarkan adanya genangan air.

"Sekarang sih yang paling ditakutin DBD ya. Makanya kita juga jangan kalah sama nyamuk deh yang karena perubahan iklim juga makin bandel," pungkas Lula Kamal.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi