parenting

Cara Efektif Lula Kamal Lindungi Keluarga dari Nyamuk

Yuni Ayu Amida Sabtu, 20 Oct 2018 12:01 WIB
Cara Efektif Lula Kamal Lindungi Keluarga dari Nyamuk
Jakarta - Apakah Bunda sudah melindungi keluarga dari gigitan nyamuk? Ada cara efektif nih Bun dari Lula Kamal, dokter yang juga ibu tiga anak untuk melindungi keluarga dari gigitan nyamuk Bun, simak yuk.

Nyamuk adalah hewan berbahaya. Penyakit yang ditimbulkan dari gigitannya di antaranya cikungunya, malaria, bahkan demam berdarah. Nah, sebelum keluarga kita terkena dampak gigitan nyamuk, sebaiknya ia dibasmi.

"Yang pertama 3M (menutup, menguras, mengubur) harus jalanlah ya, nggak usah bikin tempat buat nyamuk bersarang. Mulai bersihin tempat air, bersihin lingkungan harus," kata Lula Kamal sesaat setelah konferensi pers launching HIT Magic Expert di Grand Mercure Kemayoran, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2018).




Kemudian Lula juga menyarankan untuk memakai obat nyamuk guna membasmi nyamuk. Tetapi pilih obat nyamuk harus sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk di ruangan bisa gunakan obat nyamuk semprot atau aerosol, sedangkan di luar ruangan seperti di taman, bisa pakai obat nyamuk bakar.

"Kalau di rumah, di bagian luar saya pakai obat nyamuk bakar, di kamar pakai aerosol, sama satu lagi elektrik 24 jam. Kenapa? Karena elektrik kan nyala terus ya, yang namanya ruangan dibuka terus, anak saya kan suka buka tutup pintu tuh, ya masuk lagi lah nyamuknya. Jadi biar lebih aman juga," tutur Lula.



Lebih lanjut Lula menegaskan bahwa memilih obat nyamuk bukan hanya berbicara aman atau tidak aman, tetapi sebaiknya pilihlah obat nyamuk yang tidak mengandung banyak asap. Karena asap tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Selain itu, perhatikan ingredients yang terkandung dalam obat nyamuk tersebut. Namun Lula percaya, bahwa saat ini obat nyamuk semprot itu aman, karena memang Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan peraturan agar tidak mengeluarkan produk dengan kandungan berbahaya.

Nah, untuk perlindungan pada anak, Lula membolehkan untuk menggunakan repellent atau obat nyamuk oles pada tubuh. Walau memang ini tidak 24 jam, tapi setidaknya bisa melindungi pada waktu-waktu dibutuhkan.

"Kalau untuk bayi, kalau misalnya jalan-jalan, pakai repellent oke, mau acara keluar pake repellent oke, mau ke sekolah pake repellent boleh. Kan enggak bisa nyemprotin satu sekolah dong," ucap Lula dengan tersenyum.

Nah, lebih baik mencegah daripada mengobati ya, Bun. Sebelum nyamuk menyerang kita, kita serang dulu mereka. (nwy/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi