parenting

Pediatric Massage, Pijat Ringan untuk Kurangi Keluhan pada Anak

Amelia Sewaka Senin, 18 Dec 2017 07:00 WIB
Pediatric Massage, Pijat Ringan untuk Kurangi Keluhan pada Anak
Jakarta - Bicara pijat, selain orang dewasa anak-anak juga ada yang udah biasa dipijat nih. Si kecil termasuk salah satunya, Bun? Nah, ada nih teknik pijat buat anak yang disebut sama pediatric massage.

Di Indonesia, pediatric massage juga sudah diterapkan. Adalah seorang bunda bernama Fifi Lim yang sedang hamil dan ingin mencari pijat yang pas untuk dirinya namun ia kesulitan. Soalnya, Fifi ditolak karena lagi hamil.

Karena penasaran, Fifi mencari tahu kenapa ibu hamil nggak boleh dipijat. Padahal, pas dia pergi ke luar negeri, pijat ketika hamil sebenarnya boleh aja dilakukan selama dengan teknik yang benar. Seperti kita tahu juga ya, Bun, pijat yang nggak boleh pada ibu hamil kalau dilakukan di area perut. Tapi kalau kaki dan tangan yang dipijat misalnya, boleh-boleh aja.

"Ya setelah melahirkan, akhirnya beliau belajar dan mau tahu soal massage untuk ibu hamil," kata Endah Wulansari, Direktur Mom N Jo Spa, yang ditemui di sela-sela ulang tahun anak-anak komunitas Birthclub 2016 di Djempolan, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (17/12/2017).



Setelah belajar di Amerika dan kembali ke Indonesia, Fifi lantas membuka Mom n Jo Spa dengan salah satu layanannya pijat buat ibu hamil dan anak-anak. Nama Mom n Jo sendiri memiliki arti Mom yakni ibu dan Jo diambil dari nama anak Fifi, Josephine.

Setelah membuka spa massage khusus ini, Fifi juga manggil trainer khusus massage dari Amerika untuk melatih para pemijat. Tiap tahun teknik pijatnya pun diperbarui. Nah, trainer khusus yang didatangkan Fifi yaitu Marybetts Sinclair, terapis massage yang tinggal di Oregon, Amerika Serikat.

Marybetts sudah jadi terapis pijat selama 42 tahun lho, Bun. Dia juga mantan emergency medical technician. Marybetts sudah berlatih pijat di berbagai bidang, termasuk perawatan chiropractic dan terapi fisik, spa kesehatan, kantor konseling pribadi, tempat penampungan tunawisma, kamp untuk anak-anak, panti jompo, rumah asuh orang dewasa, dan bahkan unit perawatan alzheimer. Jadi nggak usah diragukan lagi deh keahliannya dalam bidang memijat.

"Selama ini orang kan hanya tahu pijat itu biar orang sehat, padahal banyak manfaat lainnya terutama buat anak-anak," kata wanita yang akrab disapa Wulan ini.

Pediatric massage alias pijat untuk anak berguna mengurangi keluhan pada anak-anak jika mereka hampir terserang sakit.

"Di Mom N Jo, pediatric massage ada 12 teknik. Ada yang buat batuk pilek, ningkatin imun, bahkan sampai buat anak ulangan biar nggak stres. Tergantung kebutuhan si anak," tutur Wulan.

Pediatric massage diberikan sesuai kebutuhan anak-anaknya, bahkan bisa juga untuk anak berkebutuhan khusus seperti down sindrom, autis, dan cerebral palsy. Misalnya anak dengan down sindrome punya keluhan sulit buang air besar, nah, pediatric massage ini bermanfaat mengurangi keluhan itu, Bun.



"Lalu misal anak ada gejala mau batuk atau pilek pasti kan sudah ada rasa nggak enak di tenggorokan, nah itu bisa dikurangi ketidaknyamanannya dengan pediatric massage. Malah ada yang nggak jadi sakit setelah itu," tutur Wulan.

Tapi perlu diingat ya, Bun, pediatric massage ini sifatnya hanya membantu mengurangi dan meringankan keluhan anak, bukan menyembuhkan. Jadi, kalau keluhan anak nggak membaik, ada baiknya segera bawa si kecil berkonsultasi ke dokter. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi