sign up SIGN UP search


parenting

Bikin Ngilu Bun! Viral Pijat Bayi dengan Dilempar dan Diguncang Badannya

Annisa Karnesyia Senin, 29 Mar 2021 16:47 WIB
ilustrasi pijat bayi caption
Jakarta -

Baru-baru ini, sebuah video pijat bayi menjadi viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat seorang wanita tengah melakukan teknik pijat sambil mengguncang dan melempar-lempar sang bayi, Bunda.

Tak hanya sekali, bayi yang diketahui bernama Gibran itu dilempar beberapa kali ke udara. Setelah dilempar, sang bayi lalu dipeluk dan ditidurkan dalam posisi telungkup untuk dipijat.

Video ini diunggah akun Instagram @makassar_iinfo pada Rabu (24/3/21). Akun yang membagikan video menuliskan kekhawatirannya dengan teknik pijat yang dilakukan pada sang bayi.


"Buat orang tua guncangan kaya gitu bisa sangat berbahaya buat bayi, coba tanyakan dokter atau cari tau dulu jangan di guncang terlalu keras bayinya," tulis akun @makassar_iinfo, dikutip dari Instagram, Kamis (25/3/21).

Video ini juga langsung banjir komentar netizen lho. Tak sedikit yang merasa takut dan setuju bahwa teknik pijat ini berbahaya dan enggak baik untuk kesehatan si bayi.

"Anak kecil atau bayi tidak bisa terlalu digoyang atau digoncang begitu keras, kalau teori yg sudah saya baca anak kecil apa lagi bayi kalau banyak guncangan akan terjadi pendarahan di otaknya," tulis @nr***.

"Itu sih anaknya nanti waktu tidurnya tiba-tiba geger sendiri. Kesian bayinya. (Geger = Terkejut dikala tidur)," ujar @ha***.

"Itu bahaya buat jantung di bayi di angkat keras2 kyj gt..aq prnh tanya ke dokter..," kata akun @dh***.

Teknik memijat bayi memang enggak boleh sembarangan ya, Bunda. Menurut IAIM trainer Sylvie Hetu, pijat bayi perlu dilakukan dengan sentuhan lembut, namun tetap memberikan tekanan yang pelan.

"Sentuhan lembut namun tegas dapat menenangkan. Itulah sebabnya sebagian besar pijatan bayi yang kami ajarkan pada orang tua dilakukan dengan menggunakan seluruh atau telapak tangan," kata Hetu, dilansir Asia One.

Saat memijat, Bunda juga perlu mengamati kondisi bayi. Pastikan mereka nyaman saat dipijat ya.

Lalu bagaimana cara memijat bayi dengan benar? Baca halaman berikutnya.

Simak juga cara tepat memandikan bayi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA PIJAT BAYI: PASTIKAN BAYI NYAMAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi