parenting

Arti Bahasa Tubuh Blue Ivy pada Orang Tuanya Saat Grammy Awards

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 31 Jan 2018 16:00 WIB
Arti Bahasa Tubuh Blue Ivy pada Orang Tuanya Saat Grammy Awards
New York - Saat gelaran Grammy Awards pada Minggu (28/1) lalu, Beyonce dan Jay Z hadir bersama putri mereka, Blue Ivy. Nah, ada bahasa tubuh yang ditunjukkan Blue Ivy ke kedua orang tuanya ketika Camila Cabello, pelantun lagu Havana, menyampaikan pidatonya.

Beyonce dan Jay Z bertepuk tangan dan saat itu pula Blue Ivy mengangkat dan menurunkan tangannya, kayak sedang meminta orang tuanya untuk lebih tenang gitu, Bun. Hmm, melihat apa yang dilakukan bocah 6 tahun ini kita bisa aja berdecak kagum dan gemas. Nah, sebetulnya apa ya arti bahasa tubuh Blue Ivy ke orang tuanya itu?

Setelah melihat video viral aksi Blue Ivy, psikolog anak dari Tiga Generasi Melissa Marcelina yang akrab disapa Lina bilang untuk menentukan motivasi anak dalam menampilkan perilaku, pada dasarnya kita membutuhkan pola yang muncul. Jadi kalau sekali atau dua kali anak menampilkan perilaku, belum bisa dipastikan nih, Bun, apa sih motivasi anak.




"Seperti halnya saat Blue Ivy melakukan gerakan seperti meminta agar kedua orang tuanya diam. Meski demikian, pengaruh orang sekitar terutama orang tua sebagai role model tentunya sangat kuat," kata Lina waktu ngobrol sama HaiBunda.

Terutama bagi anak usia dini, modelling banyak dilakukan dengan menyerap informasi di lingkungan sekitarnya, terutama gerak gerik orang tua saat melakukan sesuatu. Jadi perilaku yang ditampilkan anak kemungkinan besar karena melihat orang lain. Soalnya, seperti kita tahu ada proses belajar dalam berperilaku.

Lina menambahkan, setiap anak tentunya punya kebutuhan. Begitu halnya ketika mereka meminta orang di sekitarnya untuk diam. Sebagai orang tua atau orang dewasa di sekitar anak, kalau anak meminta kita diam, tentunya ada alasan tertentu. Nah, coba tanyakan apa alasan anak meminta kita diam.



Kata Lina, sepanjang alasan yang dikasih anak wajar misalnya karena dia lagi menyimak atau mendengarkan sesuatu, respons yang pas nih, Bun, kalau kita mengikuti permintaannya yaitu diam. Soalnya, ada yang dipelajari anak juga lho terkait respons kita.

"Hal ini juga bertujuan anak dapat memahami saat ia diminta untuk diam pada situasi tertentu, misalnya saat kita ada di rumah ibadah," ujar Lina.

Hmm, kalau menurut Bunda, apa nih tujuan Blue Ivy melakukan gerakan kayak menyuruh Beyonce dan Jay Z diam saat Camila Cabello menyampaikan pidatonya?

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi