parenting

Usia 2 Tahun, Anak Jessica Biel Sudah Diajari Pendidikan Seks

Asri Ediyati Sabtu, 10 Feb 2018 11:03 WIB
Usia 2 Tahun, Anak Jessica Biel Sudah Diajari Pendidikan Seks
Minnesota, AS - Dalam mengedukasi anak tak ada kata terlalu dini atau terlambat. Seperti Jessica Biel yang sudah mengajarkan anaknya, Silas Randall Timberlake, pendidikan seks, meski si kecil baru berusia dua tahun. Seperti apa ya pendidikan seksnya?

Ternyata Silas diberi pemahaman tentang anatomi tubuh, termasuk organ reproduksi anak perempuan dan anak laki-laki. Jessica Biel berharap anaknya memiliki pengetahuan tentang tubuh manusia sejak dini.

Soalnya dulu atau bahkan sekarang sebagian anak tumbuh dengan sedikit pengetahuan tentang anatomi tubuhnya, khususnya reproduksi seksual dan siklus haid. Kadang ada juga nih yang diberi penjelasan tentang hal itu, tapi singkat.


Dilansir E! Online, Biel mengungkapkan pentingnya bagi orang tua untuk mengajarkan anak-anak dari usia yang sangat muda tentang anatomi tubuhnya. "Kami menggunakan istilah teknis dan kami bicarakan saat kami mandi. Saya tahu dia masih kecil, tapi saya benar-benar percaya bahwa jika kita memulainya dari awal, anak tidak akan ada rasa malu," ujar Jessica Biel.



Jessica Biel juga mengakui saat berbicara tentang organ reproduksi seperti penis dan vagina memang terdengar agak konyol, tapi ia nggak masalah dengan itu.

"Tidak harus begitu serius. Jika kita ingin mengatakan 'vagina' dan tertawa atau mengatakan 'penis' atau apapun, lakukanlah! Tertawalah, lalu berilah penjelasan," tutur Jessica Biel dikutip dari Babble.

Meski begitu, Jessica Biel nggak menampik kadang saat membicarakan anatomi tubuh bisa terasa canggung. Untuk itu, Jessica bekerja sama dengan aktivis Saundra Pelletier untuk membantu orang tua nggak merasa canggung saat memberi pendidikan seks usia dini untuk anak.

Mereka meluncurkan serangkaian video yang membahas isu-isu yang memengaruhi wanita dari masa pubertas hingga kontrasepsi untuk dibagikan di situs Women Care Global. Soal pendidikan seks pada anak nih Bun, menurut psikolog Mellissa Grace, MPsi, pendidikan seks bukan mengajarkan anak untuk tahu aktivitas seksual, tetapi mengajarkan anak untuk lebih aware dan lebih sadar akan anggota tubuhnya.

"Dalam pendidikan seks, kita akan memberi tahu tentang kesehatan reproduksi pada anak. Ini makanya anak akan lebih mengenal dan memahami bagian-bagian tubuhnya, termasuk organ seksualnya," ujar Mellisa.

Nah, kata Melissa, melalui pendidikan seks orang tua juga bisa memberikan pemahaman pada anak tentang perilaku yang boleh atau tidak boleh dilakukan, maupun yang tepat atau tidak tepat.



Kalau anak sudah dapat pendidikan seks yang tepat, maka anak akan tahu berbagai macam konsekuensi saat mengakses konten pornografi ataupun melakukan seks bebas.

"Pendidikan seks ini merupakan wujud ikhtiar orang tua untuk mencegah anak dari aktivitas terkait seksualitas yang tidak bertanggung jawab," terang Mellisa. Tapi jangan lupa, dalam memberikan pendidikan seks untuk anak pastinya kita sesuaikan juga bahasannya dengan usia mereka ya, Bun. (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi