sign up SIGN UP search


parenting

10 Cara Jitu Cegah Si Kecil Jadi Korban Kejahatan Seksual

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 20:57 WIB
Ilustrasi kedekatan anak dan ibu tirinya Ilustrasi ibu dan anak/Foto: iStock

Jakarta - Satu per satu semakin banyak kasus kekerasan danĀ pelecehan seksual yang mulai terungkap. Beberapa di antaranya terjadi pada anak di bawah umur dan berlokasi di institusi pendidikan.

"Sebetulnya yang namanya pelecehan seksual itu adalah kejahatan yang sama tuanya dengan peradaban. Jadi, maraknya sekarang ini sebetulnya adalah fenomena gunung es," kata psikolog Okina Fitriani.

Menurutnya, kasus-kasus yang dilaporkan saat ini jauh lebih sedikit dari kejadian yang sesungguhnya. Kenapa? Karena masih banyak korban yang malu atau takut untuk melaporkan kejahatan pelecehan seksual.


"Bisa saja, berita kekerasan atau pelecehan seksual yang kita sebut marak ini hanya 10 persen dari kejahatan yang sesungguhnya terjadi di tengah masyarakat," tambahnya.

Lalu, apa saja yang termasuk kategori pelecehan seksual dan apa yang perlu orang tua lakukan agar anaknya terhindar dari kejahatan seksual? Simak penjelasan berikut ini, ya Bunda.

Perilaku yang dikategorikan pelecehan seksual yakni:

1. Pelecehan gender

Biasanya masih berbentuk verbal, seperti komentar cabul tentang seks, atau tentang fisik seseorang.

2. Perilaku menggoda

Seperti ajakan melakukan hubungan intim atau ajakan untuk berkencan.

3. Penyuapan seksual

Kategori pelecehan seksual satu ini biasanya memberikan prasyarat kepada korban, seperti menjanjikan sesuatu agar korban tertarik untuk melakukan hubungan intim dengan pelaku.

4. Pemaksaan seksual

Pelecehan ini berupa paksaan pelaku mengajak korban untuk berhubungan intim. Jika korban menolak, pelaku akan menggunakan kekerasan pada korban.

5. Pelanggaran seksual

Seperti bagian tubuh korban disentuh dan diraba secara paksa, melakukan hubungan tanpa persetujuan, dan melakukan kekerasan pada korban.

Banner Kampung Miliuner CilacapBanner Kampung Miliuner Cilacap/ Foto: Mia Kurnia Sari

Kriteria pelaku kejahatan seksual

Bunda, seseorang bisa saja menyembunyikan perilaku kejahatan seksual di balik kehalusan dan tutur katanya, tetapi tidak ada penelitian yang secara tegas menyebutkan ciri detail pelaku pelecehan seksual. Namun, ada beberapa kriteria seorang pelaku pelecehan seksual, seperti berikut ini :

  • Orang yang biasanya melakukan pelecehan seksual itu biasanya berubah-ubah emosinya, mereka tidak bisa mengendalikan emosinya
  • Sering melemparkan candaan yang bersifat gender atau melontarkan candaan tentang fisik seseorang
  • Sering menyalahkan orang lain
  • Membuat lirikan menggoda
  • Mencoba-coba menyentuh bagian tubuh seseorang
  • Mengirim isyarat, seperti mengirim video atau gambar asusila

Itulah Bunda tanda-tanda seseorang yang kemungkinan memiliki kecenderungan melakukan pelecehan seksual. Lalu, apa saja yang dapat dilakukan oleh orang tua agar anaknya terhindar dari kejahatan seksual? Simak penjelasannya di halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang jangan anggap pelecehan seks sebagai hal biasa di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA HINDARI ANAK DARI KEJAHATAN SEKSUAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!