parenting

Trik Artika Sari Devi Supaya Kebutuhan Nutrisi Buah Hati Terpenuhi

Hilda Meilisa Rinanda Selasa, 27 Feb 2018 16:00 WIB
Trik Artika Sari Devi Supaya Kebutuhan Nutrisi Buah Hati Terpenuhi
Surabaya - Seperti ibu lain, Artika Sari Devi ingin memastikan nutrisi buat buah hatinya terpenuhi. Salah satu yang dilakukan Putri Indonesia 2004 ini yakni dengan rajin menyiapkan bekal makan anak untuk sekolah.

"Bekal sekolah itu investasi buat anak-anak ketika mereka sekolah dan sedang tidak dalam pengawasan kita," ujar Artika Sari Devi di Noach Cafe, Surabaya, Senin (26/2/2018).

Selain itu, bagi istri dari musisi Baim ini, biasanya ia menyajikan bekal sekolah anak dengan tekstur yang lebih padat karena bisa membuat mereka kenyang lebih lama. Dalam memilih menu masakan termasuk bekal yang dibawa ke sekolah, Artika juga melibatkan anak-anaknya untuk memilih menu sesuai keinginan mereka.


"Kalau untuk menunya sesuai selera, dan anak saya yang pertama selalu request mau makan apa," ujar ibu dua anak ini.



Baginya, melibatkan anak dalam memilih makanan itu penting karena anak akan mengenal asupan makanan dan seberapa besar nutrisinya untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Nggak cuma itu, Bun, Artika juga sering mengajak anaknya masak bareng, seperti memotong sayur dan mencincang daging.

Nah, untuk menghadapi anak yang susah makan, Artika menyarankan para bunda untuk tidak cepat menyerah. Kata Artika, perlu buat kita para ibu ikut memakan makanan yang dimasak sekaligus memberi contoh ke anak.

"Sama halnya ketika anak-anak menganggap masakan itu enak dan tidak enak itu berdasarkan dari kebiasaan. Jadi, apa yang mereka makan, saya juga makan," tambah Artika Sari Devi.

Tak hanya itu, ibu-ibu juga diharapkan konsisten memberi asupan nutrisi yang seimbang dan lengkap.

Nutrisi yang seimbang, lanjut Artika, berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral. Tak hanya itu, asupan zink, asam folat, dan zat besi juga dinilai Artika sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Ini penting untuk membuat anak jadi kreatif, mandiri juga punya daya tahan tubuh yang sehat dan kuat.



Selain itu, kata Artika, orang tua juga perlu tetap mengawasi makanan yang dibeli anak. Jadi, nggak cuma sekadar enak tapi kita juga perhatikan kandungan nutrisinya, Bun. Meski sibuk, Artika tetap menyiapkan dan mengontrol asupan gizi dua anaknya. Contohnya, saat anak-anaknya terlihat lemas dan kurang bersemangat, dia merasa ini akibat kurangnya perhatian akan nutrisi harian sang anak.

"Ketika anak saya tidak bersemangat dan terlihat lemas, saya nggak akan langsung menyalahkan jika dia malas. Tapi saya introspeksi diri, apakah asupan gizi harian yang saya beri ini sudah memenuhi atau tidak," kata Artika Sari Devi. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi