parenting

Keren! Barbie-barbie Ini Terinspirasi Sosok Perempuan Inspiratif

Amelia Sewaka Rabu, 07 Mar 2018 13:51 WIB
Keren! Barbie-barbie Ini Terinspirasi Sosok Perempuan Inspiratif
Jakarta - El Segundo, California - Ketika perempuan inspiratif diwujudkan dalam bentuk boneka Barbie, wah pasti keren banget ya, Bun. Ya perusahaan mainan bernama Mattel telah mengeluarkan koleksi Barbie terbaru terinspirasi dari para wanita inspiratif dari seluruh dunia.

Diperkenalkan menjelang International Women's Day yang jatuh pada 8 Maret, Mattel mengumumkan berencana mengeluarkan boneka baru. Boneka-boneka itu adalah perwujudan perempuan yang punya peran penting di bidangnya.

Dilansir Daily Mail, karakter Barbie terbaru ini adalah perempuan yang merupakan ikon-ikon dari bidangnya. Ada olahragawan, seni, jurnalistik, bahkan ahli matematika. Mereka antara lain Amelia Earhart, Frida Kahlo, dan Katherine Johnson.


Sebagai penerbang solo perempuan pertama yang menyeberangi Samudra Atlantik, Amelia Earhart dianggap sosok insipiratif yang mengilhami semua perempuan untuk bisa menggapai mimpinya. Frida Kahlo memenangkan hati para pencinta seni di seluruh dunia dengan gayanya yang unik dan menjadi aktivis serta simbol kekuatan. Sedangkan Katherine Johnson adalah pelopor utama di bidang matematika yang bekerja untuk NASA.

Keren! Barbie-barbie Ini Terinspirasi Sosok Perempuan InspiratifKeren! Barbie-barbie Ini Terinspirasi Sosok Perempuan Inspiratif/Foto: Barbie/Mattel

Boneka perempuan inspiratif ini dijual online dengan masing-masing US$30 atau sekitar Rp 400 ribu. Boneka Frida Kahlo dan Amelia Earhart sudah bisa dibeli pada 8 Maret. Sedangkan Katherine Johnson baru bisa dibeli pada 10 Mei.

Mattel juga memberikan penghormatan pada 14 perempuan lainnya yang dianggap sebagai bagian dari program 'Shero'. Ini adalah program untuk merayakan para perempuan yang berani keluar dari batas-batas bidang mereka. Sayangnya, koleksi tersebut tidak untuk dijual. Boneka-boneka itu hanya akan diberikan kepada manusia yang jadi sosok aslinya. Demikian dikutip dari Today.

Siapa saja 14 tokoh yang juga dibuat versi bonekanya? Antara lain ada Chloe Kim yang merupakan juara Olympic snowboarding, Bindi Irwin yang merupakan ahli konservasi Australia, Patty Jenkins yang merupakan pembuat film dari Amerika, dan Nicola Adams juara boxing dari Inggris.

"Barbie memberikan penghargaan yang besar pada barisan perempuan tangguh itu di International Women's Day. Seperti yang kita tahu kita tidak bisa menjadi apa yang tidak bisa kita lihat," kata Lisa McKnight, wakil presiden senior dan manajer umum untuk lini Barbie Mattel, dilansir USA Today.

Wah keren banget ya, Bun, dengan boneka bisa sekalian mengedukasi anak soal sejarah tokoh tersebut. Membelikan mainan anak memang nggak perlu yang mahal, yang penting ada fungsinya buat anak dan yang nggak kalah penting, kita orang tuanya juga ikut bermain sama anak.


Menurut Noella Birowo Msc, pendiri dari Tiga Generasi & penulis buku anti panik, penting banget lho supaya orang tua bermain langsung dengan anak.

"Early attachment dari orang tua ke anak itu penting banget. Berbagai permasalahan ada banyak pada anak-anak dari mulai pelecehan seksual sampai bullying, biar anak terbuka sama kita itu pentingnya main bareng sama anak ya semacam pendekatan gitu sih," kata wanita yang akrab disapa Ui ini.

Nah, konsep tumbuh kembang anak melalui permainan bisa jadi solusi bagi orang tua dalam mengembangkan panca indra anak sejak dini. Melalui permainan, anak juga akan dirangsang mengeksplorasi dan mempelajari hal-hal baru. (aml)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi