parenting

Daftar Mainan Anak Tepat Sesuai Usia, dari Bayi hingga TK

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 29 Nov 2019 18:42 WIB
Daftar Mainan Anak Tepat Sesuai Usia, dari Bayi hingga TK
Jakarta - Bunda dan Ayah pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak. Salah satunya dengan memberikan mereka mainan yang dapat mendukung perkembangan anak.

Mainan yang diberikan kepada anak harus disesuaikan dengan usia dan kemampuan mereka, Bun. Nah, dirangkum dari Parents dan Kids Health, berikut mainan yang tepat untuk anak sesuai usianya.


1. Bayi 0-12 bulan


Sampai usia tiga bulan, bayi tidak dapat melakukan lebih dari memperhatikan sekelilingnya. Penglihatan bayi masih buram. Bayi mampu melihat benda-benda berwarna terang dan bercorak.

"Mainan tidak harus hitam dan putih selama warna-warnanya kontras satu sama lain," kata Nora Newcombe, Ph.D, psikolog perkembangan di Temple University.

Pada fase ini, Bunda dan Ayah perlu mendampingi anak ketika bermain. Interaksi Bunda dengan si kecil dapat membantu ia belajar tentang bahasa dan hubungan sosial. Nah, mainan yang cocok untuk mendukung perkembangan bayi, yaitu

- cermin yang tidak bisa pecah
- floor gym
- boneka binatang atau boneka yang lembut, dapat dicuci, warna-warni dengan wajah tersenyum
- bola kain

Daftar Mainan Anak Tepat Sesuai Usia, dari Bayi hingga TKMainan anak sesuai usia/Foto: iStock

2. Bayi usia 1-2 tahun

"Bayi tertarik dengan sebab dan akibat serta akan menikmati mainan apa pun yang menanggapi tindakannya dan memanfaatkan keterampilan motorik yang baru ia peroleh," kata psikolog Robin Goodman, Ph.D.

Misalnya, bayi suka mainan memukul bola dengan palu serta mainan dengan tombol yang bisa membunyikan musik atau memunculkan karakter. Berikut mainan yang cocok untuk bayi usia 1-2 tahun.

- cincin susun
- mainan dorong atau tarik yang mengeluarkan suara
- alat musik sederhana, seperti drum
- mainan kendaraan besar
- puzzle dengan empat atau lima bagian
- bebek karet atau mainan kapal-kapalan untuk mandi

3. Anak usia 2-3 tahun

Di usia ini, anak sudah bisa memainkan permainan yang terarah. Mereka sudah memiliki kemampuan motorik halus untuk menyelesaikan puzzle atau membangun balok. Selain itu, anak-anak juga suka mainan pura-pura dan menirukan orang-orang di sekitarnya.

Anak mulai bisa membedakan warna dan bentuk. Jadi, sebaiknya pilih mainan yang cerah, warna-warni, dan menyenangkan untuk dipegang si kecil. Di usia 2 tahun, sebagian besar anak sudah bisa menendang bola, menggenggam krayon, dan membangun balok. Di usia 3 tahun, anak mulai bisa menyelesaikan puzzle sederhana dan naik sepeda roda tiga. Berikut mainan lain yang cocok untuk anak usia 2-3 tahun.

- boneka
- alat peraga untuk 'permainan peran', seperti telepon mainan, alat dapur mainan, atau stroller boneka
- mainan konstruksi
- mainan kendaraan roda tiga

4. Anak usia 4-5 tahun

Ketika menginjak usia 4 tahun, ini saat yang tepat untuk Bunda mengenalkan mainan interaktif yang mengajarkan anak matematika dan keterampilan verbal. Misalnya, Bunda bisa memberikan anak komputer mini alias komputer mainan.


Pada fase ini, anak bisa berfantasi mereka menjadi pilot, polisi, dokter, atau guru. Nah, ini mainan yang cocok untuk anak usia 4-5 tahun.

- perlengkapan seni dan peralatan kerajinan
- balok dengan bentuk yang berbeda-beda
- lego
- action figure
- barbie
- bola
- sepeda

Daftar Mainan Anak Tepat Sesuai Usia, dari Bayi hingga TK


Berikut penjelasan cara memilih mainan anak sesuai usianya, klik video di bawah ya, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi