parenting

Barang yang Berlabel 'Childproof' pun Belum Tentu Aman, Bun

Asri Ediyati Jumat, 30 Mar 2018 09:03 WIB
Barang yang Berlabel 'Childproof' pun Belum Tentu Aman, Bun
Petawawa, Ontario - Wadah yang 'childproof' atau aman bagi anak-anak seharusnya mencegah anak-anak kita agar terhindar dari zat berbahaya yang berpotensi melukai atau mengiritasi kulit mereka. Sayangnya, mungkin nggak semua dari kita aware dan merasa sudah aman jika melihat tulisan 'childproof' pada suatu barang.

Hal ini dialami oleh seorang ibu setelah putranya mendapat luka bakar di matanya akibat terpapar bahan kimia. Putranya terkena bahan kimia dari detergen dalam bentuk pods yang seharusnya nggak bocor dan aman bagi anak-anak.

Dalam posting Facebook, ibu asal Kanada, Mel Harrison bilang dia dan suaminya sibuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Saat itu putra mereka, Makai yang berusia 7 tahun mendapat paket berupa detergen Tide Pod di rumah mereka.



"Detergen dalam bentuk pods yang saya beli sangat aman bagi anak-anak bahkan saya dan orang dewasa sulit untuk membukanya. Entah bagaimana caranya putraku bisa membuka wadah itu dan mengira pod itu bisa dijadikan mainan," kata Mel dikutip dari CTV News.

Menurut Mel, putranya membawa pod ke kamarnya, lalu menggigit detergen pod dan isinya keluar mengenai wajahnya hingga masuk sampai tenggorokannya, detergennya juga masuk ke hidungnya dan matanya. Mel mengaku nggak tahu apa yang anaknya lakukan. Ia baru tahu ketika putranya berteriak kesakitan.

Mel dan suaminya langsung membawa putranya ke rumah sakit. Mel bilang putranya memiliki luka bakar akibat zat kimia di bibirnya dan untungnya isi perut si kecil nggak sampai diisap karena dia menelan detergen dengan jumlah yang sangat sedikit.
Barang yang Berlabel 'Childproof' pun Belum Tentu Aman, BunFoto: Facebook/mel harisson
"Dia sekarang memiliki luka bakar di matanya yang sangat buruk sehingga dia mungkin perlu memakai kacamata khusus mungkin untuk selamanya. Dia mungkin memiliki masalah penglihatan selama hidupnya juga," tutur Mel dikutip dari Cafe Mom.

Sang ibu menceritakan bahwa anaknya yang berusia 7 tahun harus mengenakan kacamata hitam khusus baik di dalam maupun di luar ruangan sampai dokter dapat menentukan apakah dia akan memerlukan kacamata. Setelah kecelakaan putranya, Mel ingin para orang tua memastikan bahwa mereka menjaga kantong deterjen jauh dari jangkauan anak-anak, bahkan jika wadahnya tertulis tahan bocor.


Beberapa waktu lalu, di YouTube malah ada Tide Pod Challenge, Bun. Isi videonya, anak-anak menggigit detergen pods, memasaknya di wajan, lalu mengunyahnya sebelum memuntahkan sabun dari mulut mereka. Para ahli mengatakan game, dijuluki "Tide pod challenge," jelas berbahaya.

Nggak cuma detergen juga, Bun. Mainan yang diklaim 'safe for children' juga nggak menjamin keamanan dan keselamatan anak. Beberapa bulan lalu, seorang anak meninggal karena menelan bola karet yang bisa dibilang agak mustahil untuk dimasukkan ke dalam mulut. Jadi, intinya saat anak bermain kita jangan sibuk dengan urusan kita sendiri ya, Bun. Kalaupun kita sedang bekerja atau nggak ada di rumah, pastikan anak-anak terpantau dengan baik saat bermain. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi