parenting

Nonton TV Bareng Anak Eh Ada Adegan Ciuman, Harus Gimana Ya?

Radian Nyi Sukmasari & Radian Nyi Sukmasari Kamis, 05 Apr 2018 20:00 WIB
Nonton TV Bareng Anak Eh Ada Adegan Ciuman, Harus Gimana Ya?
Jakarta - Lagi santai sama anak nonton film di TV. Tiba-tiba, muncul adegan mesra misalnya laki-laki dan perempuan lagi berciuman. Hmm, canggung nggak, Bun, dan apa reaksi Bunda saat itu?

Sahabat HaiBunda, Nimas, bercerita suatu malam dia nonton film di TV. Saat itu anak Nimas udah setengah ngantuk gitu, Bun. Eh, tiba-tiba ada adegan ciuman dan saat itu sontak Nimas langsung menutup mata anaknya.

"Saya kan kaget ya. Canggung aja gitu. Padahal saya juga nggak tau anak saya ngeh nggak sama adegan itu. Salah saya juga sih film yang saya tonton kebetulan kan kategorinya bimbingan orang tua, sedangkan anak saya umur 5 tahun waktu itu," kata Nimas.


Terkait situasi ini, psikolog anak dari Tiga Generasi, Fathya Artha Utami, bilang hal ini tergantung usia anak, Bun. Umumnya anak-anak yang udah mulai bisa bicara bakal nanya itu (adegan mesra di film yang ditonton) apa. Atau, bisa juga nih, Bun, anak nanya orang di tayangan TV itu lagi apa.



Nah, Fathya bilang sebelum menjawab pertanyaan anak orang tua bisa tanya balik ke anak menurut mereka si tokoh di film itu sedang apa. Dari jawaban anak kita bisa mulai menjelaskan sesuai dengan batas pengetahuannya.

"Menanyakan balik ini juga memberikan waktu dan kesempatan orang tua untuk berpikir atau menenangkan diri supaya nggak panik ketika menjelaskan. Untuk anak-anak yang sudah cukup mengerti, mereka bisa menjawab tuh, itu tadi mereka ciuman," kata Fathya waktu ngobrol sama HaiBunda.

Setelah itu, orang tua bisa menjelaskan bahwa iya mereka ciuman dan hal itu hanya dilakukan oleh orang dewasa. Bunda dan Ayah juga bisa menyampaikan nilai lain yang ada di keluarga yang ingin ditanamkan oleh orang tua.

"Hindari langsung menceramahi anak karena hal tersebut bikin anak nggak nyaman dan malah bikin mereka makin bertanya-tanya," pesan Fathya.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi