parenting

Boneka Besar di Tempat Tidur Bisa Bahayakan Anak, Bun

Amelia Sewaka Selasa, 24 Apr 2018 07:00 WIB
Boneka Besar di Tempat Tidur Bisa Bahayakan Anak, Bun
Dundee, Skotlandia - Ini cerita seorang ibu muda yang anak perempuannya tercekik ketika tidur secara nggak sengaja oleh mainan boneka yang ada di samping tempat tidurnya. Ibu bernama Dexi Leigh Walsh mendapati anaknya Connie Rose yang berusia 18 bulan, telah meninggal dengan posisi boneka beruang besar yang menimpa si kecil. Hiks, miris ya, Bun...

Connie dinyatakan meninggal oleh paramedis setelah mereka sampai di rumahnya di Dundee. Ibu berusia 23 tahun ini berkata ia memang sengaja menaruh boneka beruang besar di sela tempat tidur Connie supaya si kecil tidak jatuh. Memang sih Connie tidak jatuh tapi ia malah tertimpa boneka setinggi 0,9 meter yang membuatnya tidak bisa bernapas.




"Pagi itu seperti pagi biasa, saya membangunkan anak-anak dan membantu anak pertama saya, Dior bersiap sekolah. Tapi ketika saya masuk kamar Connie, ia tidur menghadap ke atas dan tepat di atas terdapat boneka besar dan tidak bernapas," tutur Dexi pada Mail Online.

Dexi pun segera melakukan CPR sembari meminta keluarga lain untuk menelpon ambulans. Ketika Dexi berbicara dengan paramedis, sang ibu pun mengambil alih melakukan CPR dan ketika tim paramedis datang sayangnya sudah terlambat, Connie telah meninggal.

"Saya pikir kalau saya singkirkan boneka-boneka ini dari tempat tidurnya mungkin Connie akan terjatuh nanti atau terluka karena terbentur. Tapi melihat kejadian ini, lebih baik terbentur atau ia terjatuh dari kasurnya setidaknya saat itu dia masih bersama kami," kata Dexi.

Connie Rose dimakamkan pada 21 Maret lalu, dengan anggota keluarga yang melepaskan balon merah muda ke langit untuk mengenang kisahnya.

"Saya sangat menyalahkan diri saya ketika dia meninggal dengan keadaan lemas karena saya yang menaruh boneka beruang besar tersebut dengan niat melindungi Connie, tapi karena boneka beruang itu pula Connie pergi tidur dengan malaikat," papar Dexi dikutip dari New York Post.



Ini pelajaran yang sangat berharga buat Dexi dan ia sangat menekankan untuk para orang tua lain supaya tidak mengisi tempat tidur anak-anak dengan berbagai mainan atau boneka. Dexi pun memberikan pesan ini lewat kampanyenya The Connie Rose Awareness di halaman Facebook.

"Saya mengerti tiap ibu ingin tempat tidur anak-anaknya aman dan terlihat indah. Dengan adanya boneka atau gorden bak putri raja itu sebenarnya boleh saja jika di siang hari, ketika malam tiba lebih baik semua itu diangkat," kata Dexi dilansir Metro UK.

Dexi mengatakan anak-anak tak perlu apapun di tempat tidur mereka bahkan bantal sekalipun. Ia berharap kisah tragis putri kecilnya dapat memberi informasi ke orang tua lain serta membantu menyelamatkan hidup orang lain.

'Kami merindukanmu, Ibu, Ayah dan Dior sangat mencintaimu. Tidur yang nyenyak sayang' tulis Dexi pada status Facebooknya.

Duh, hal sepele kayak gini nih yang suka bikin kita miris, nggak terlalu kita ngeh tapi akibatnya sangat besar bahkan sampai membahayakan nyawa si kecil.

Bayi, terutama yang berusia di bawah enam bulan, rentan mengalami sudden infant death syndrome (SIDS). SIDS adalah sindrom kematian bayi mendadak yang penyebabnya ada berbagai hal, namun terkadang sulit dipastikan juga. Duh, amit-amit ya Bun, jangan sampai hal itu kita alami.

Sebenarnya tim medis masih belum yakin benar nih, Bun, mengenai apa yang menyebabkan SIDS. Akan tetapi dengan memperhatikan tidur bayi diyakini bisa menjadi ikhtiar kita untuk menurunkan angka SIDS.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, penelitian dari tahun 2004-2012 menunjukkan bahwa dari 9.000 Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian bayi yang berhubungan dengan tidur, 13 persen terjadi di sofa.

Kejadian itu terutama dialami oleh bayi berusia di bawah tiga tahun. Tim peneliti menemukan beberapa faktor yang meningkatkan risiko meninggalnya bayi ketika tidur di sofa, salah satunya yakni saat tidur di sofa biasanya bayi ditemani orang lain.

"Saat tidur bersama orang lain, kemungkinan bayi tertindih hingga kesulitan bernapas akan lebih besar. Apalagi, tekstur sofa yang membal akan memudahkan bayi untuk tidur tengkurap hingga proses napasnya terganggu," tulis para peneliti dilansir detikHealth.

Hal serupa juga disampaikan dr Marissa Pudjiadi SpA dari RS Premiere Jatinegara bahwa saat tidur malam bayi tetap harus pada posisi terlentang karena pada saat semua tertidur dan tidak ada yang menjaga, bila hidung bayi tertutup benda, tidak ada yang dapat menolong bayi sehingga ditakutkan terjadi Sudden Infant Death syndrome (SIDS).



(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi