parenting

Untuk Anak 1-3 Tahun, Mereka Banyak Belajar dari Menyentuh

Nurvita Indarini Kamis, 10 May 2018 12:10 WIB
Untuk Anak 1-3 Tahun, Mereka Banyak Belajar dari Menyentuh
Jakarta - Semua barang kayaknya ingin dipegang dan disentuh si kecil. Misalnya nih, saat ikut pergi ke warung, anak ingin memegang beras, kacang hijau mentah, butiran jagung, galon air mineral, dan sebagainya. Kadang suka berpikir ini anak ngapain sih pegang-pegang semua barang.

Rasa ingin tahu anak 1-3 tahun memang tinggi. Bagi mereka, beras atau biji kacang hijau bisa jadi sesuatu yang baru dan menarik perhatiannya. Wajar banget, Bun, kalau mereka ingin tahu seperti apa sih rasanya menyentuh dan memegang beras.

Tapi kadang kita khawatir juga ya kalau anak memegang dan menyentuh semua barang di sekitarnya. Soalnya barang-barang itu kan kotor ya, Bun. Siapa tahu ada kuman penyakit yang bisa bikin anak sakit.




dr Herbowo Soetomenggolo, SpA(K) menjelaskan sebenarnya kalau bicara kuman, nggak cuma ada luar rumah yang jelas-jelas terlihat kotor. Saat anak bermain di dalam rumah pun nggak lepas dari ancaman kuman yang menempel di benda-benda di dalam rumah, misalnya mainan.

dr Herbowo juga bilang menurut penelitian, benda di dekat bayi penyumbang yang juga menjadi kuman no satu adalah stroller. Hmm, nggak nyangka ya, Bun.

Karena itu kita perlu banget membersihkan mainan dan benda-benda lainnya dengan teratur. Nggak lupa juga mengajak anak mencuci tangan dan kaki dengan tepat.

Sabrina, Brand Manager Mitu Baby menuturkan sering kali kekhawatiran orang tua membuat anak nggak leluasa belajar dan mengeksplorasi lingkungannya. "Anak usia 1-3 tahun itu kan nalurinya belajar karena perkembangan otak golden period ada di situ. Cara mereka belajar menyentuh semua, mendengar, kemudian menyentuh," tutur Sabrina dalam konferensi pers Mitu di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Karena itu Sabrina menyarankan apa yang sering disentuh anak sebaiknya dibersihkan dengan baik dan tepat. Misalnya nih meja dan kursi, remote televisi, dan lainnya. Jangan lupa juga membersihkan tangan dan kaki bayi sebelum makan dan setelah beraktivitas ya, Bun.



"Dengan begitu anak bisa bereksplorasi tapi tetap bebas kuman," sambung Sabrina.

Agar praktis membersihkan tangan dan alat main bayi, para ibu biasa menggunakan tisu. Biar lebih optimal melindungi anak dari kuman sebaiknya menggunakan tisu yang mengandung antiseptik.

Perhatikan juga tekstur tisu yang dipakai, Bun. Kalau kita pakai tisu dengan teknologi embossed sehingga lebih bertekstur, maka bisa membersihkan segala jenis permukaan lebih optimal. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi