sign up SIGN UP search


parenting

4 Cara Mudah Mendisiplinkan Batita, Beri Pujian & Penghargaan

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 05 May 2021 12:02 WIB
Asian mother talking with the daughter 4 cara mendisiplinkan batita/ Foto: Getty Images/iStockphoto/kokoroyuki

Jakarta - Anak yang berada di tahapan usia batita memang biasanya sedang rusuh-rusuhnya ya, Bunda. Boro-boro mau disuruh disiplin, menemaninya seharian di rumah saja bikin PR (Pekerjaan Rumah) banget kan. 

Ya, berbicara mengenai mendisiplinkan anak memang bukan hal mudah untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali, teori sudah menumpuk di kepala, tetapi pada praktiknya gagal lagi dan lagi. 

Apalagi, usia batita polanya masih meniru. Tak jarang, apa yang mereka lihat langsung dipraktikkan, termasuk ketika mereka jadi ringan tangan karena melihat teman sebayanya juga melakukan hal yang sama. Sulitnya lagi, ketika mereka dinasehati seringkali malah menjadi-jadi. Duh, jadi bingung ya, Bunda, bagaimana cara mengatasinya.


Menurut Elizabeth Berger, MD, seorang psikiater anak, menjaga hubungan yang baik dengan anak sangatlah penting. Hal ini lebih penting untuk membantu pertumbuhannya daripada mencoba memaksanya untuk merespons dengan cara yang tidak akan ia tanggapi.

TKW Dinikahi Jenderal ArabTKW Dinikahi Jenderal Arab/ Foto: Mia Kurnia Sari

"Bunda mungkin khawatir bahwa mengalah akan membuat mereka jadi manja. Tetapi, kecemasan umum ini tidak bisa dibenarkan," ujarnya, seperti dikutip dari laman Parents.

Perlu Bunda tahu bahwa beberapa perilaku buruk anak dapat dicegah selama Bunda dapat mengantisipasi apa yang akan memicunya dan membuat rencana sebelumnya. Dengan begitu, kondisi bersama anak pun lebih menyenangkan ketimbang bertengkar dan melarang atas apa yang mereka lakukan.

Melansir dari  Very Well Family, mendisiplinkan batita memang membutuhkan kombinasi seni dan sains. Selain itu, dibutuhkan juga keterampilan yang serius serta kesabaran dan konsistensi dalam mengatasi perilaku mereka.

Pada saat yang sama, Bunda mungkin juga perlu menggunakan sedikit trial and error pada waktu-waktu tertentu untuk melihat mana strategi disiplin yang paling berhasil.

Informasi lebih lengkap, klik di halaman selanjutnya untuk ulasan berikutnya ya, Bunda. 

Bunda, simak juga yuk cara Carissa Putri membangunkan anak di pagi hari, dalam video di bawah:

[Gambas:Video Haibunda]



4 CARA MENDISIPLINKAN BATITA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi