sign up SIGN UP search


parenting

Mainan yang Cocok Dijadikan Kado untuk Anak Umur 2 Tahun

Radian Nyi Sukmasari   |   Haibunda Senin, 21 May 2018 12:12 WIB
Bunda bingung cari kado untuk anak 2 tahun? Mainan ini bisa jadi pilihan. caption
Jakarta - Memilih kado untuk anak kadang susah-susah gampang ya, Bun. Memang, mainan bisa jadi pilihan kado paling pas buat anak-anak. Eh, tapi kalau anak umurnya baru 2 tahun cocoknya dikasih kado apa ya?

Buat anak umur 2 tahun, ada nih reputasi 'terrible two' untuk mereka. Di umur 2 tahun anak memang umumnya banyak bertingkah dan kadang itu bikin kita, orang tuanya geleng-geleng kepala. He-he-he. Kata anggota dewan American Montessori Society, Marie Conti, anak 2 tahun umumnya udah lancar berjalan.

Nah, mereka suka banget menarik semacam gerobak atau sesuatu yang ada di belakang mereka. Marie menambahkan anak umur 2 tahun juga lagi senang-senangnya main dengan balita lain misalnya memainkan alat dapur, sapu atau alat rumah tangga lainnya. Sehingga, Marie sering meminta keluarga membelikan mainan yang menyerupai barang-barang dalam kehidupan sehari-hari.


"Anak umur 2 tahun juga memasuki tahap suka bermain pura-pura dan mencari tahu siapa mereka. Peralatan dapur, mobil, truk, dan boneka bayi mereka senangi karena dengan itu mereka bisa berpura-pura," kata direktur Barnard College Center for Toddler Development, Tovah Klein.

Sebagai orang tua, kerabat, atau orang yang kenal dengan anak pastinya kita pengen kan memberi kado yang disenangi anak dan pastinya bermanfaat. Nah, HaiBunda punya rekomendasi mainan sebagai kado buat anak umur 2 tahun nih, Bun. Yuk simak, mungkin bisa jadi pilihan.

1. Mainan Kendaraan Beroda

Mobil-mobilan, trusk, atau traktor bisa dijadikan pilihan untuk kado anak umur 2 tahun. Seperti Marie bilang di umur ini anak lagi senang-senangnya menarik sesuatu di belakang mereka. Bahkan, bus mainan berukuran besar di mana kita bisa masuk dan keluarkan figur karakter tertentu bisa jadi mainan yang menarik dan seru untuk anak.

"Memilih truk besar yang bisa dijadikan anak sebagai kendaraan mengangkut pasir juga ide bagus," kata Conti.

2. Masak-masakan

Di umur 2 tahun anak hobi bermain peran. Nah, masak-masakan terlebih berupa kitche set yang lengkap dengan perkakaks dapur dan bahan makanan bisa jadi sarana anak menyalurkan hobinya yakni bermain peran. Seperti kita tahu, anak laki-laki juga nggak masalah kok main masak-masakan. Cuma, perannya aja yang beda, Bun. Ketika anak perempuan berperan jadi ibu, si anak laki-laki bisa jadi koki di restoran.



3. Rumah-rumahan dan tokoh mainannya

Rumah-rumahan atau bahkan cuma tokoh mainannya yang terdiri dari keluarga lengkap bisa membantu anak memahami peran anggota keluarganya. Dengan mainan ini, lagi-lagi anak terfasilitasi untuk bermain peran dan mengeksplorasi berbagai peran yang dia ketahui di sekitarnya, Bun.

4. Papan Tulis Mainan

Di usia 2 tahun, anak-anak rasa penasarannya tinggi banget nih, Bun. Nggak cuma itu, pakar mainan edukasi Lauren Leisk mengatakan anak umur 2 tahun lagi masa-masanya berimajinasi dan bereksplorasi. Nah, dengan papan tulis mainan selain anak bisa main peran jadi guru atau anak, dia bisa menulis atau menggambar berbagai macam objek kan? Ya, walaupun kadang objek yang digambar kurang jelas ya, he-he-he.

Mainan yang Cocok DIjadikan Kado untuk Anak Umur 2 TahunMainan yang Cocok DIjadikan Kado untuk Anak Umur 2 Tahun (Foto: Hassan/detikcom)


5. Lilin Mainan

"Lilin mainan baik sekali untuk perkembangan imajinasi dan permainan anak apalagi ketika mereka menyentuh dan merasakan tekstur lilin tersebut. Anak juga berkreasi sehingga kreativitasnya terasah dengan adanya lilin mainan," tutur Leisk.

6. Sepeda atau Skuter Roda Tiga

Sepeda atau skuter bisa dipakai anak mengeksplorasi lingkungannya dan melatih keseimbangannya. Pastinya, anak bakal lebih happy kalau dia main skuter atau sepeda roda tiganya di luar rumah nih, Bun. Nah, demi keamanan dan keselamatan anak jangan lupa pakaikan mereka helm ya.

7. Puzzle

Untuk anak usia 2 tahun, puzzle bisa membantu menambah pengetahuannya. Nggak cuma itu, puzzle juga melatih kemampuan motorik halus anak ketika dia memegang potongan puzzle juga melatih koordinasi tangan serta mata anak. Baiknya, pilih puzzle yang potongannya besar-besar ya, Bun. Kalau terlalu kecil, ada risiko puzzle tertelan atau anak udah pusing duluan tuh menyelesaikan potongan gambarnya he-he-he.

Sebagai orang yang memberi kado pastinya kita senang banget ketika kado yang dikasih ke anak bisa diterima dengan senang hati sama mereka ya, Bun. Nah, supaya anak menghargai tiap pemberian orang lain untuk dirinya, ada nih yang bisa dilakukan orang tua. Jadi, kita latih anak dalam keseharian bahwa untuk membeli sesuatu harus ada usahanya lebih dulu.

"Termasuk ketika anak minta sesuatu, kita jelaskan ada usaha di baliknya. Termasuk nunggu bunda dan ayah gajian dulu, karena kan bunda dan ayah harus kerja. Dengan begitu, anak akan menghargai segala sesuatu yang diberi orang lain. Mereka juga nggak melihat pemberian orang lain dari harganya," kata psikolog anak dari Tiga Generasi Anastasia Satriyo.

(rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!