sign up SIGN UP search


parenting

Keren! Bocah 11 Tahun Ini Jago Banget Main Tenis Meja

Amelia Sewaka Senin, 21 May 2018 18:43 WIB
Usianya boleh masih belia, 11 tahun. Tapi bocah ini jago banget main tenis meja lho. caption
Wales, Inggris - Beberapa anak ada yang hobi olahraga. Bahkan, ada yang di usia belia udah jago banget melakukan olahraga permainan tertentu. Contohnya bocah 11 tahun bernama Anna Hursey ini, Bun. Dia jago banget lho main tenis meja.

Anna yang berasal dari Cardiff ini udah jadi wakil kotanya dalam pertandingan Commonwealth Games. Anna didapuk jadi bintang tenis meja termuda. Dia udah memenangkan tiga pertandingan sebelumnya di acara Gold Coast. Ia membawa nama Wales mencapai perempat final pada pertandingan ganda bersama Charlotte Carey untuk memenangkan pertandingan ganda melawan India dan Pakistan.

Sebelumnya, Anna juga berhasil mengalahkan Halima Nambozo dari Uganda dalam pertandingan tunggal pertamanya. Sayangnya, saat pertandingan tunggal tersebut ia kalah dari pemain Malaysia, Li Sian Alice Chang yang membuat Anna keluar di babak penyisihan grup. Kekalahannya itu justru bikin Anna makin semangat bertanding di Commonwealth Games.




"Sejak saya datang ke sini, saya seperti bertekad saya ingin menang dan memang benar-benar ingin menang. Apalagi semua orang mendukung saya," kata Anna kepada BBC Sport Wales.

Anna sangat positive thingking banget sekarang, Bun. Walaupun saat ini ia merasa puas dan bangga karena bisa mewakili Wales dalam pertandingan ini. Anna yang dilahirkan di Carmarthen merupakan blasteran China dan Inggris. Kata sang ibu, Phoebe bakat Anna udah kelihatan sejak kecil. Di awal orang tua anak memang sempat kesulitan mencari pelatih atau seseorang yang mau bermain dengan Anna yang berusia empat tahun.

Akhirnya Phoebe membawa Anna ke China. Selama enam minggu dia dilatih. Saat kembali ke Wales, pelatih nasional bertemu dengannya dan Anna pun memulai debutnya dalam kejuaraan Eropa saat umurnya 10 tahun. Anna lantas dianggap orang termuda yang pernah mewakili Wales di tingkat senior dalam jenis olahraga apapun. Target Anna, saat umur 14 tahun dia bisa bertanding di olimpiade 2020 di Tokyo.

Keren! Bocah 11 Tahun Ini Jago Banget Main Tenis MejaAnna Hursey ketika bertanding. Foto: Getty Images

Di umur 12 tahun, Anna sudah menduduki peringkat 18 di dunia dan peringkat 11 untuk anak usia di bawah 15 tahun di Eropa dalam bidang tenis meja. Throwback nih, Bun, Anna punya cerita tentang latihannya di China.

"Latihan di sana agak menyeramkan, ketika ada yang salah maka hukumannya tangan kami kena pukul. Bukan saya, tapi teman saya yang merasakan. Tapi ya, mungkin pelatihan di Cina memang seperti itu, di sana saya hanya latihan sedangkan di sini saya masih bisa bergaul dengan teman lain," tutur Anna dilansir Metro UK.

Anna juga seperti anak lainnya kok, kalau kebanyakan latihan juga dia mengakui mungkin nggak akan menyukai tenis meja lagi. Bisa disimpulkan, Anna dapat berprestasi di usianya yang muda seperti sekarang itu karena kesukaannya pada tenis meja dan dukungan penuh dari kedua orang tuanya.

Jovita Maria Ferlina, MPSi, Psikolog dari Little Shine Daycare mengatakan anak wajib mendapatkan berbagai macam stimulus sejak dini untuk mengasah bakat dan minatnya. Jika bakat dan minat tak diasah, anak bisa kehilangan arah hidup hingga tak memiliki tujuan.

"Kalau anak nggak tahu bakatnya apa, dia akan kesulitan menentukan goals dan kebingungan saat beranjak dewasa. Makanya kita lihat ada anak sudah mau lulus SMA tetapi bingung menentukan jurusan dan pilihan kuliah," tutur Jovita dikutip dari detikHealth.

Tapi bukan berarti kita masukin anak ke semua tempat kursus juga lho, Bun. Menurut Maria Limyati, dosen psikolog Universitas Sanata Daharma, kegiatan les pada anak merupakan sarana perkembangan bakat yang dimiliki anak. Jika mengikuti les yang sesuai minatnya, maka les juga bermanfaat sebagai rekreasi.

Tetapi kalau anak ogah-ogahan atau nangis nggak mau berangkat les, sebaiknya dilihat lagi apa perlu anak les atau nggak? Apalagi kalau orang tua sampai bilang 'ayo dong udah bayar mahal-mahal buat les kok kamu nggak mau sih' nah kalau seperti itu lebih baik uang les buat yang lain aja," kata Maria.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi