parenting

Ketika Bocah Dua Tahun Menyalahkan Batman Atas Kelakuannya

Amelia Sewaka Kamis, 24 May 2018 07:05 WIB
Ketika Bocah Dua Tahun Menyalahkan Batman Atas Kelakuannya
Inverness, Skotlandia - Tingkah anak-anak memang ada-ada saja ya. Kadang konyol dan pastinya bikin kita geleng-geleng kepala serta ketawa sendiri. He-he.

Seperti bocah berumur dua tahun bernama Noel Hopkins ini, Bun. Dia menyalahkan Batman atas kelakuan yang dibuatnya. Batman? Iya, Bunda nggak salah baca. Batman si tokoh superhero itu.

Ketika Bocah Dua Tahun Menyalahkan Batman Atas Kelakuannya/Ketika Bocah Dua Tahun Menyalahkan Batman Atas Kelakuannya/ Foto: Instagram @noel_hopkins



Jadi gini ceritanya Bun, sang ibu, Laura, bertanya pada Noel tentang siapa yang mencoret kaca miliknya dengan lipstik. Dengan panik dan wajah kocak, Noel pun pindah posisi ke dekat tempat tidur dan mengatakan bahwa ia tidak tahu dan menyebut mungkin saja pelakunya Batman. He-he, ada-ada saja ya kelakuan Noel.



Nah, jawaban Noel diunggah ke media sosial. Nggak sedikit lho orang yang berkomentar lucu soal kelakuan Noel ini.

Seperti salah satu netizen yang berkata, "Noel sangat menggemaskan. Love him". Ada juga yang mengatakan, "Ia melelehkan hati saya setiap hari".

[Gambas:Instagram]



Menurut Laura Markham, psikolog klinis dari Columbia University, reaksi-reaksi seperti memukul ketika marah dan menyalahkan pihak lain karena kesalahan kita adalah reaksi manusia yang normal. Namun, ini gimana cara anak (bahkan diri kita sendiri sebagai orang tua) dapat tumbuh dari hal seperti itu.

"Semua makhluk ketika mereka dalam kesusahan pasti akan lari, berkelahi, terbang atau diam. Jadi ketika anak tahu ia salah, itu benar-benar mengerikan buatnya," kata Laura dilansir Aha! Parenting.

Jadi ini semacam response instan yang dilakukan anak, Bun. Karena menurut Laura, the best defense is a good offense.



Lalu, apa yang mesti kita lakukan saat anak berperilaku seperti ini? Laura menyarankan agar kita tetap tenang, berempati, jangan 'melawan' balik, menjadi model yang baik untuk anak agar tidak menyalahkan siapapun atas keadaan apapun. Penting juga untuk menciptakan lingkungan tentang 'bagaimana kita menyelesaikan masalah ini' daripada menyalahkan orang lain.

Semoga dengan kita menerapkan ini anak jadi bisa belajar lebih bertanggung jawab, Bun. (aml)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi