parenting

Selain Akademis, Yuk Lihat Potensi Lain di Diri Anak

Amelia Sewaka Kamis, 24 May 2018 09:05 WIB
Selain Akademis, Yuk Lihat Potensi Lain di Diri Anak
Jakarta - Siapa sih orang tua yang nggak bangga punya anak dengan prestasi yang oke dalam bidang akademis. Pastinya, kita mau yang terbaik untuk anak. Tapi, sering banget tanpa disadari kita mengarahkan kemauan diri sendiri, bukan kemauan anak tanpa melihat apa potensi yang ada di diri mereka.

"Kalau terlalu maksa anak untuk selalu belajar, efeknya bisa ke psikologisnya juga. Kalau kita lihat, memang ada beberapa anak yang dia truly suka belajar. Kalau begitu, mungkin tidak terlalu berpengaruh pada psikologisnya karena anak emang pada dasarnya suka belajar," ungkap Ajeng Raviando, psikolog anak dan keluarga.

Karena memang ada anak yang senang belajar dan mencari tahu. Terlebih tipe anak yang pengen tahu cenderung senang banget mencoba sesuatu yang baru atau dia fokus banget sama bidang akademis.


"Tapi, akan sangat disayangkan kalau memang ternyata anak itu tidak menyukai hal tersebut. Atau memang bukan minatnya si anak ke pelajaran yang misal berbau IPA, sains, dan sebagainya," tutur Ajeng di sela-sela acara Kuasai 'Homework Resque' dengan Printer HP Deskjet Ink Advantage di Tanamera Coffee, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.



Terbayang dong, Bun. Anak harus melakukan suatu kegiatan yang dia nggak suka setiap waktu. Padahal, kalau kita melihat sisi lain anak, bisa jadi ada potensi di diri anak yang dapat dikembangkan. Ya, anak bisa nggak suka pelajaran berbau sains tapi dia hobi banget dan jago di bidang seni atau olahraga.

Misal nih, anak ternyata tipe yang suka belajar ilmu sosial, ingin pintar berkomunikasi, dan ingin tahu banyak sejarah negeri sendiri. Tapi, karena kita ingin anak pintar sains atau ilmu alam, anak pun kita ikutkan les berbau sains.

Padahal sayang lho. Mungkin aja anak bisa jauh lebih berkembang dengan pelajaran yang ia suka kan, Bun. Makanya, yuk kita lihat potensi anak dan jangan segan untuk membuka diskusi dengan anak tentang apa yang mereka sukai dan ingin kembangkan. (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi