parenting

Quality Time Berfaedah Bareng Anak ala Channing Tatum

Amelia Sewaka Rabu, 25 Jul 2018 18:33 WIB
Quality Time Berfaedah Bareng Anak ala Channing Tatum
Beverly Hills, AS - Apa yang biasanya Ayah dan Bunda lakukan bersama si kecil saat libur? Pastinya kita harus kreatif untuk menciptakan quality time yang bermanfaat buat si kecil ya, Bun, biar anak nggak melulu pegang gadget-nya. Ini pula yang dilakukan Channing Tatum bersama putri kecilnya.

Baru-baru ini Channing Tatum mengunggah kegiatannya bersama si manis Everly dalam Instagram Story-nya. Terlihat bahwa kegiatan yang mereka lakukan jauh dari gadget, dari mulai melukis hingga Everly yang asyik bermain dengan siput.

"Semua tentang seni! Diakhiri dengan kolaborasi, saya menggambar rambut merah muda dan dia (Everly) menggambar labirin impiannya," tulis Channing Tatum dalam Instagram Story-nya.
Quality Time Bareng Anak yang Berfaedah ala Channing TatumStory Channing Tatum saat bersama sang putri. Foto: Instagram




Nah, keren nih konsep aktor asal Amerika ini. Di tengah sibuknya anak-anak 'jaman now' dengan gadget, Channing Tatum merasa perlu mengedukasi anaknya dengan berbagai kegiatan aktif tanpa gadget. Misalnya melukis dan bermain di luar rumah. Apalagi zaman sekarang ya, Bun, rasanya nggak mungkin kalau tiap hari anak nggak menyentuh gadget.

Sederet manfaat pun bisa anak dapatkan dengan bermain di luar ruangan, salah satunya untuk kesehatan mata si kecil. Para ahli juga menyarankan para orang tua untuk mengajak anak-anak menghabiskan waktu liburan dengan bermain di luar (outdoor). Hal ini untuk mencegah anak mengalami cacat mata.

"Anak bisa obesitas kalau terlalu lama main gadget, karena kalau main gadget kan duduk diam gitu aja, asyik fokus sama gadget-nya," ujar Dr Seto Mulyadi, SPsi, MSi, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI).

Pria yang akrab disapa Kak Seto ini menambahkan jika anak jarang main di luar juga dapat memengaruhi unsur emosionalnya. Kenapa? Karena anak-anak tidak biasa melampiaskan emosi-emosi positifnya.

Selain itu pemahaman akan nilai-nilai moral yang mana boleh dan tidak boleh juga kurang. Karena pemberian informasi berlangsung di antara dua pihak yaitu pihak yang memberikan dan yang memberi info. Kata Kak Seto ada dialog dan nilai-nilai yang bisa dipelajari dari bermain di luar namun dengan cara yang menyenangkan. Bermain di alam seperti ruang terbuka hijau, taman nasional, dan cagar alam, juga bermanfaat lho buat anak, Bun.



"Anak-anak sangat taktis dalam pembelajaran mereka dan hutan bisa jadi tempat untuk menambah pengalaman. Ada begitu banyak yang bisa dilihat, dicium, dengar, bahkan dirasa dan disentuh. Seiring anak-anak terlibat dalam eksplorasi anak, mereka mendaki dan melakukan berbagai hal yang tidak mereka lakukan saat di rumah," ujar dr Angela Hanscom, dokter anak dan terapis dari New England, dikutip dari TimberNook.

Kata dr Angela, berada di alam memungkinkan terjadinya tantangan tak terduga. Hal ini yang membuat anak jadi kreatif. Lalu, akan banyak tantangan fisik. Nah bagi orang tua, jangan lupa untuk tetap temani anak dan jadi navigator mereka saat bermain di alam terbuka. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi