parenting

Hati-hati, Bullying Bisa Hambat Hormon Pertumbuhan Anak

Asri Ediyati Senin, 30 Jul 2018 07:13 WIB
Hati-hati, Bullying Bisa Hambat Hormon Pertumbuhan Anak
Jakarta - Apapun alasannya bullying itu nggak oke. Fisik dan mental anak bisa terdampak oleh bullying, bahkan hormon pertumbuhan juga bisa terhambat.

Hal ini disampaikan dr Nida Rohmawati MPH, Kasubdit Kesehatan Maternal dan Neonatal Kemenkes RI. Menurut dr Nida, hormon akan dirilis jika anak dalam keadaan bahagia. Sebaliknya, jika anak stres maka akan ada penghambatan rilis hormon.




"Dari sekian jam itu hormon akan terganggu. Pengeluaran hormon akan lancar jika anak dalam keadaan happy dan nggak tertekan," kata dr Nida saat ditemui HaiBunda usai sebuah acara di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Kata dr Nida, orang dewasa pun demikian. Kalau kita stres, maka produksi hormon pun sedikit terhambat.

Meskipun penghambatan hormon pertumbuhan itu bukan hal yang permanen, tapi bisa berdampak pada psikis anak, Bun. "Hormon di dalam tubuh itu jumlahnya sedikit tapi sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang. Kecuali jika ada sesuatu seperti masalah lain seperti TBC paru, bagaimana anak bisa naik berat badannya," lanjut dr Nida.



dr Nida berpesan jika hormon pertumbuhan anak itu normal lebih baik jangan ditambah-tambah. Jika tumbuh kembang anak mau optimal berikan yang terbaik dari segi nutrisi maupun stimulasi. (aci)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi