parenting

Cradle Cap, Penyebab Kepala Bayi Berkerak Seperti Ketombe

Niken Widya Yunita Sabtu, 11 Aug 2018 17:00 WIB
Cradle Cap, Penyebab Kepala Bayi Berkerak Seperti Ketombe
Jakarta - Kepala bayi kok terlihat kotor karena kerak yang menempel seperti ketombe ya. Pernah melihat kepala bayi yang berkerak, Bun? Kondisi seperti itu dinamakan cradle crap.

Host acara kesehatan Dr OZ Indonesia, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan, penyebab kerak seperti ketombe di kepala bayi biasanya adalah karena infeksi. "Itu cradle cap namanya, biasanya karena infeksi," ujar dr Reisa usai usai launching kampanye #Apajeniskulitbayimu oleh Mustela Indonesia di Harlequin Bistro, Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.




Cradle cap ini biasanya ditemui di kepala bayi yang baru lahir. Ya, di kulit kepalanya yang masih lunak terkadang memiliki ruam bersisik seperti ketombe.

Lapisan bersisik yang seperti ketombe ini biasa muncul ketika bayi berusia dua minggu hingga enam bulan. Pada beberapa kasus, 'ketombe bayi' ini akan menghilang selama beberapa minggu, namun bisa juga bertahan hingga berbulan-bulan.

Belum diketahui dengan pasti apa penyebab kerak seperti ketombe di kepala bayi. Tapi beberapa ahli percaya hormon yang diterima bayi dari ibunya di akhir kehamilan terlalu berlebihan bisa mengakibatkan kondisi tersebut.

Dikutip dari Mayo Clinic, cradle cap biasanya tidak memerlukan perawatan medis. Cradle cap umumnya bisa bersih dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Perawatan dapat dilakukan dengan mencuci rambut bayi sekali sehari dengan sampo bayi.



Ada juga yang menyarankan menggunakan minyak almond atau baby oil untuk membantu melepaskan kerak seperti ketombe yang menempel. Jika menggunakan minyak, jangan membiarkannya lebih dari 15 menit ya, Bun. Ini karena minyak bisa menyumbat pori-pori dan membuat kerak tetap ada serta sulit dihilangkan.

Perhatikan juga bila keraknya malah menyebar ke daerah lain atau menjadi berwarna merah. Bunda bisa segera berkonsultasi ke dokter untuk mencegah penyebaran.

(nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi