parenting

Kenalkan, Ini Caleb si Motivator Cilik Berusia 4 Tahun

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 14 Aug 2018 12:59 WIB
Kenalkan, Ini Caleb si Motivator Cilik Berusia 4 Tahun
Washington DC - Bocah 4 tahun bernama Caleb Stewart ini hobi membaca. Nah, untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya membaca terutama buat anak-anak Caleb pun jadi motivator lho. Ya, dia sering memberi motivasi untuk anak-anak bahkan orang dewasa tentang pentingnya membaca.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Kang-Xing Jin, dengan percaya diri Caleb membawakan materinya. Karena tubuhnya yang masih kecil, Caleb pun berdiri di meja. Caleb tampil memakai setelan celana panjang dan rompi jas lengkap dengan dasi kupu-kupu. Wah, Caleb benar-benar seperti motivator kawakan nih. He-he-he.

Saat itu Caleb berbicara di hadapan para guru, Bun. Melihat tingkah dan gaya bicara Caleb beberapa peserta tertawa namun tetap memperhatikan apa ucapan Caleb. Di hadapan para guru Caleb membuka pembicaraannya dengan mengatakan dia ingin berbicara tentang manfaat membaca.


"Saya membaca setiap hari. Membaca setiap hari membuat saya lebih pintar. Kosakata dan kemampuan berbahasa saya juga lebih baik dan membuat saya mengucapkan kata baru bahkan tanpa saya memikirkannya," kata Caleb dalam klip berdurasi 2 menit satu detik.



Buat Caleb, membaca juga membantunya mengasah kemampuan memori jangka panjang dan menyelesaikan masalah. Nggak cuma itu, Caleb bilang membaca nggak melulu dari buku kok. Soalnya, dari media lain seperti menu restoran, majalah, koran, bahkan papan reklame pun anak-anak bisa berlatih membaca dan dari situ pasti ada pengetahuan tambahan yang mereka dapatkan.

"Jangan sungkan melibatkan rasa penasaran dan imajinasi anak-anak. Dengan begitu membaca jadi lebih asyik buat mereka," kata Caleb.

Ternyata, Bun, saudara perempuan Caleb yakni Queen Olivia juga jadi motivator cilik lho. Baik Caleb maupun Queen ingin menginspirasi anak-anak lain agar cinta membaca, punya mimpi yang besar, percaya diri dan menyebarkan semangat kebaikan.

Sejak diunggah pada minggu lalu, video aksi Caleb saat jadi motivator sudah dibagikan lebih dari 75 ribu kali. Video itu juga sudah ditonton lebih dari 3,2 juta kali. Terkait minat baca pada anak, ada beberapa trik yang bisa dilakukan orang tua seperti disarankan duta baca Indonesia Najwa Shihab yang akrab disapa Nana.

"Libatkan jadi kegiatan sehari-hari. Maksudnya, libatkan kegiatan baca buku menjadi bagian dari keluarga juga. Nggak harus formal, mengajak anak duduk lalu membaca. Soalnya kita juga bisa ajak anak baca lewat permainan juga. Misal lagi di dalam mobil dan macet, kita bisa ajak anak tebak-tebakan seperti, 'Ayo coba cari tulisan merah'. Buat membaca jadi suatu yang menarik," papar Nana.

Atau bisa juga kita tanamkan minat baca anak lewat bermain role play. Misal, kita membacanya bergantian dengan si kecil, bermain 'siapa yang menjadi siapa atau apa'. Nggak hanya itu, Nana juga mendapat inspirasi dari para bunda yang tiap kali ia datangi di PAUD-nya.

"Saya tuh suka sharing sama ibu-ibu di PAUD yang saya datangi. Nanti mereka sengaja bikin nanggung ceritanya, jadi ketika ceritanya lagi seru si ibu akan berhenti di part itu, nah nanti anak-anak suka penasaran tuh pas si ibu diam," papar Nana. Dengan begitu si anak yang nanti bakal mencari jawabannya dengan membaca buku tersebut atau malah menceritakannya di depan sang ibu.

Gimana, Bun? Sudah siap menanamkan minat baca pada si kecil supaya mereka rajin membaca?



(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi