parenting

Ingat 4 Bintang Ya Saat Beri Anak MPASI

Niken Widya Yunita Sabtu, 18 Aug 2018 07:01 WIB
Ingat 4 Bintang Ya Saat Beri Anak MPASI
Jakarta - Di usia enam bulan, si kecil mulai mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Nah, saat hendak memberikan MPASI pada si kecil, jangan lupakan empat bintang ya, Bun.

MPASI empat bintang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, kacang-kacangan, sayur dan buah. dr Margareta Komalasari, SpA, menyebut MPASI empat bintang perlu diberikan sebagai upaya mencegah stunting pada anak-anak.

"Makanan 4 bintang dikasih supaya anak tercukupi kebutuhan makro dan mikro nutrien. Makro dan mikro nutrien diperlukan untuk brain development, begitu dilewati dengan baik maka pertumbuhan anak akan maksimal," tutur dr Margareta.




Bicara soal lauk-pauk di MPASI empat bintang, nggak melulu protein hewani tapi juga nabati. Protein hewani nggak cuma didapatkan dari telur ayam, tapi bisa juga dari ikan, daging sapi, ayam, dan hati ayam.

Bicara stunting atau perawakan pendek, dikatakan Dr dr Aman Bhakti Pulungan SpA(K) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) karena gangguan pertumbuhan yang berakar dari kurang gizi. Gizi buruk bisa menyebabkan stunting, sehingga jangan sampai pemberian makanan ke anak diremehkan nilai gizinya.



dr Margareta menambahkan sudah makin banyak orang tua yang sadar ancaman stunting pada anak. Sehingga jika pertumbuhan badan anak tidak bertambah, segera berkonsultasi ke dokter.

"Kita kasih tahu nutrisi untuk menambah tinggi dan olah raga seperti berenang," ucapnya.

Makanan empat bintang ini diharapkan nggak cuma diberikan saat anak MPASI saja, Bun. Tapi kelak saat mengasup menu keluarga juga tetap mendapatkannya agar terpenuhi gizi lengkapnya. (nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi