sign up SIGN UP search


parenting

Perhatikan Ini Saat Hendak Kenalkan Sayuran pada Bayi

Amelia Sewaka   |   Haibunda Selasa, 21 Aug 2018 08:01 WIB
Bunda ingin mengenalkan beragam sayuran pada bayi? Yuk perhatikan hal ini dulu, Bun. caption
Jakarta - Supaya anak mau makan sayur sudah pasti orang tua perlu membiasakan anak makan sayur. Tapi, di usia berapa sih anak sudah bisa dikenalkan sayuran?

Menurut ahli nutrisi, Rita Ramayulis, saat anak berusia di atas 8 bulan sayur sudah boleh diberikan tapi dicampur dengan makanan lain seperti yang berbahan tepung atau nasi yang diolah menjadi bubur. Rita menekankan ketika anak masih usia 8 bulan dia butuh mengenal sayur secara single alias satu jenis sayur aja supaya dia paham rasa sayur.

"Saat anak berusia 8 bulan, dia sudah mulai bisa memasukkan benda ke mulutnya. Maka bisa kita siapkan makanan yang disebut finger food. Misal, kita siapkan potongan kecil wortel dan itu diberikan di antara waktu makan si bayi," kata Rita di tengah acara 'Dancow Inspiring Mom Kembali Hadir Bantu Dukung Masa Depan Anak Indonesia yang Lebih Sehat' di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.


Dengan begitu, bayi mudah banget memasukkan wortel ke mulutnya. Rita mengatakan anak hanya butuh beberapa kali sampai kemudian dia bisa mengenal rasa makanan yang diberi. Bisa jadi pertama kali anak merasa nggak nyaman dengan rasa basa sayur yang dikenalkan tapi itu lumrah kok, Bun.


Perhatikan Ini Saat Hendak Kenalkan Sayuran pada BayiPerhatikan Ini Saat Hendak Kenalkan Sayuran pada Bayi/ Foto: Istimewa

"Biarkan anak mengingat rasa itu dan coba lakukan berulang-ulang untuk sayur yang lain juga. Kemudian, diulang kembali dengan sayur yang sama selama kurun waktu 4 bulan," tutur Rita.

Setelah anak berlatih sampai usia setahun dengan cara tersebut, umumnya saat umur 1 tahun anak nggak akan menolak rasa sayur. Soalnya, dia sudah mengenal rasa sayur tersebut secara tunggal. Rita menyarankan, jenis sayuran yang dikenalkan pertama kali pada anak usia 8 bulan adalah yang mudah dicerna yaitu:

1. Bayam tapi daunnya saja
2. Labu Siam
3. Tomat tanpa kulit
4. Buncis muda
5. Wortel

"Lima sayuran tersebut paling baik dan paling lembut teksturnya. Secara bertahap di usia 10 bulan bisa kita kenalkan semua jenis sayur yang ada dan tidak terkecuali. Intinya, anak boleh dikenalkan berbagai macam sayuran tapi lebih baik secara bertahap," papar Rita.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!