parenting

'Kunci' yang Perlu Dimiliki Orang Tua agar Anak Bahagia

Amelia Sewaka Sabtu, 25 Aug 2018 19:04 WIB
'Kunci' yang Perlu Dimiliki Orang Tua agar Anak Bahagia
Jakarta - Setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya bahagia. Nah, apa sih kunci yang perlu dimiliki orang tua supaya si kecil bahagia?

Menurut psikolog Elizabeth Santosa, bahagia adalah dasar dari kehidupan. Yang disebut bahagia nggak selalu terlihat dari ekspresi ceria, tertawa atau senyum. Psikolog yang akrab disapa Lizzie ini mengatakan seorang anak introvert yang terlihat kalem dan santai juga bisa dibilang sedang bahagia lho.

"Kalau kita nggak bahagia, kita akan emosional. Kebahagiaan ibu hampir 100 persen kebahagiaan anak, saat anak bahagia ketika orang tuanya bahagia gitu juga sebaliknya karena bahagia itu menular," tutur Lizzie dalam acara 'Studi Nestle Lactogrow 'Grow Happy' Ungkap Kebahagiaan Anak Tidak Sebatas Ekspresi dan Aktivitas' di Green House, Multivision Tower, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.



Selain itu, coba deh tanyakan ke beberapa orang tua, buat apa sih kerja? Buat apa sih capek-capek melakukan ini itu demi mencari nafkah? Pasti jawabannya untuk membahagiakan anak. Ya nggak, Bun? Dengan berusaha mencari nafkah sebagai orang tua kita pasti ingin bisa memenuhi kebutuhan anak dan pokoknya semua demi anak.

"Sebetulnya bukan kegiatannya, yang lebih penting anak bisa bahagia kalau aktivitasnya bareng sama orang tuanya," kata Lizzie.

Termasuk jika Bunda atau Ayah hendak membelikan mainan. Kata Lizzie coba dipikirkan lagi apakah mainan itu bisa bikin anak bahagia? Lizzie juga mengingatkan waktu yang panjang dihabiskan bareng anak juga belum tentu bikin anak bahagia. Karena yang terpenting adalah kualitasnya kan, Bun. "

"Kalau ibunya ada tapi sibuk sendiri dan nggak mau terlibat sama anak, ya sama juga," ujar Lizzie.

Lizzie menyarankan orang tua membuat anak merasa paling penting. Siapkan waktu khusus untuk anak di mana tiap anak punya quality time sendiri dengan orang tuanya supaya dia merasa spesial. Sebagai orang tua kita juga perlu jeli memperhatikan detail kebutuhan anak ya, Bun.

"Jangan lupa, berikan cinta tak bersyarat. Saya yakin orang tua mengerti kok cinta tak bersyarat itu seperti apa, karena mereka punya itu semua dan mereka tahu anak bahagia atau tidak," ungkap Lizzie.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi