parenting

Alihkan Perhatian Anak dari Gadget, Yuk ke Pameran Buku

Asri Ediyati Senin, 10 Sep 2018 16:54 WIB
Alihkan Perhatian Anak dari Gadget, Yuk ke Pameran Buku
Jakarta - Menumbuhkan minat baca anak sepertinya menjadi tantangan tersendiri untuk orang tua. Apalagi sekarang sehari-hari anak terpapar dengan gadget. Eits, tenang saja Bun, ada beberapa cara kok untuk meningkatkan minat baca anak. Salah satunya mengunjungi pameran buku anak.



Penulis buku Maman Suherman bilang penduduk Indonesia jumlahnya sangat banyak namun tingkat buta hurufnya masih cukup banyak juga. Meskipun mengalami penurunan pada tahun 2017 tapi perlu ada upaya dari masyarakat sendiri untuk meningkatkan minat baca terutama anak-anak.


"Pameran buku bisa menjadi cara untuk mengentaskan buta huruf. Pameran buku bisa menjadi pesta baca untuk kita semua," kata Maman di acara konferensi pers Indonesia International Book Fair di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Senin (10/9/2018).

Maman bilang buku anak adalah buku terlaris di Indonesia, lho. Untuk itu datang ke pameran buku bisa menjadi ajang borong buku anak nih, Bun.

Indonesia International Book Fair (IIBF) 2018 akan diadakan pada 12-16 September mendatang di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Pameran buku bertaraf internasional ini diikuti oleh puluhan penerbit dari 17 negara.

Di kesempatan yang sama, ketua panitia IIBF 2018 Amalia B Safitri menuturkan, ada program unggulan selama pameran berlangsung yakni Zona Kalap.

"Sedikitnya 500 penerbit akan memamerkan sekitar 7.000 judul buku berbahasa Indonesia dan buku impor dengan potongan harga dari 50 persen hingga 80 persen," kata Amalia.


Tonton Juga: 'Literaction Festival, Ajang Tukar Pikiran Para Penulis'

[Gambas:Video 20detik]


Pada IIBF 2018 juga akan diadakan acara untuk anak. Pengunjung dari kalangan pelajar mendapatkan perhatian khusus dari panitia. Ada lomba menarik berupa bercerita pada tingkat SD dan SMP. Rombongan sekolah juga bisa mengikuti wisata literasi dan program yang dirancang juga untuk memperkenalkan budaya membaca dan buku ke anak-anak.

"Lewat wisata literasi, anak-anak akan berkeliling mengunjungi penerbit-penerbit dari luar negeri dan dipandu oleh volunteer. Harapannya selama berwisata, anak-anak akan diberikan wawasan dan inspirasi agar semakin rajin membaca dan menggali ilmu lewat buku dari seluruh dunia," sambung Amalia.

Kata Amalia, wisata literasi di IIBF 2018 diadakan dari Rabu sampai Sabtu selama satu jam mulai pukul 09.00 WIB. Yuk, ke pameran buku dan ajak anaknya ya, Bun.



(aci/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi