sign up SIGN UP search


parenting

10 Jenis Makanan Kaya Vitamin untuk Kesehatan & Tumbuh Kembang Optimal Anak

Annisa Karnesyia Selasa, 04 May 2021 17:17 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Vitamin adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Vitamin merupakan bagian dari mikronutrien yang bisa didapatkan dari makanan, Bunda.

Setiap jenis vitamin memiliki manfaat berbeda untuk tubuh. Untuk itu, asupan vitamin perlu dipenuhi untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah sakit pada anak.

Menurut ahli diet Lizzie Streit, MS, RDN, LD, anak-anak membutuhkan sejumlah vitamin untuk pertumbuhan dan kesehatannya, namun jumlahnya bervariasi menurut usia. Artinya, kebutuhan ini akan berbeda pada anak yang masih kecil dan beranjak remaja.


"Anak-anak yang lebih dewasa dan remaja membutuhkan jumlah nutrisi yang berbeda dari anak-anak yang lebih muda untuk mendukung kesehatan yang optimal," kata Streit, dilansir Healthline.

Vitamin paling mudah didapatkan dari makanan sehari-hari. Makanan ini dianggap sehat dan bisa diberikan pada anak-anak di menu makannya.

Jenis makanan kaya vitamin

Dilansir berbagai sumber, berikut 10 jenis makanan kaya vitamin yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang optimal anak:

1. Wortel

Wortel merupakan jenis makanan bernutrisi tinggi, Bunda. Sayuran berwarna orange ini merupakan sumber vitamin A yang tersedia dalam bentuk beta karoten. Vitamin A berfungsi untuk menjaga imun tubuh dan kesehatan mata.

"Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat mengalami rabun senja. Kondisi ini bisa dicegah dengan makan wortel karena mengandung vitamin A," kata ahli nutrisi, Adda Bjarnadottir, MS, RDN.

Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B6 untuk sumber energi dan vitamin K1 untuk kesehatan tulang. Dalam wortel juga ada kandungan mineral potassium untuk mengontrol tekanan darah.

2. Brokoli

Brokoli kaya akan nutrisi, termasuk serat, vitamin C, K, zat besi, dan kalium. Sayuran hijau ini memberikan manfaat besar saat disajikan dengan cara dikukus.

Seperti kita tahu, vitamin C berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh. Sementara itu, vitamin K berperan dalam kesehatan tulang, Bunda.

Brokoli juga mengandung beta karoten, yang di dalam tubuh dikonversikan menjadi vitamin A. Artinya, sayuran ini pun dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata anak.

3. Ikan salmon

Ikan salmon telah dikenal baik untuk kesehatan karena mengandung omega 3. Namun, siapa sangka di dalam ikan salmon juga mengandung banyak vitamin lho, Bunda.

Salmon menyediakan vitamin A dan sumber vitamin B, seperti B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12. Semua sumber vitamin B ini bertugas mengubah makanan menjadi energi, memperbaiki struktur DNA, serta mengurangi peradangan.

Pada anak-anak, vitamin B dapat meningkatkan pertumbuhan dan penguatan saraf serta otot. Vitamin ini juga berfungsi untuk kesehatan sistem cerna.

4. Sayur kale

Sayur kale dapat menjadi pilihan makanan bernutrisi untuk si Kecil. Kale mengandung serat, vitamin, antioksidan, dan senyawa bioaktif.

Dalam kale mengandung vitamin A, C, K1, dan B6. Vitamin B6 dapat meningkatkan perkembangan otak, mengatur suasana hati, fungsi tubuh, dan merespons stres.

Selain vitamin, dalam sayuran ini juga mengandung beberapa mineral penting untuk tubuh, seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Fresh KaleSayur kale/ Foto: iStock

5. Kentang

Kentang bisa dijadikan pengganti nasi untuk makanan si Kecil. Selain mengandung karbohidrat, kentang kaya akan vitamin C dan B6.

Kentang juga mengandung antioksidan dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan merupakan senyawa yang bisa menetralkan molekul berbahaya yang dikenal dengan radikal bebas.

6. Daging merah

Daging merah tanpa lemak merupakan sumber protein hewani yang bisa dikenalkan sebagai menu MPASI anak. Kandungan protein ini bagus untuk mencegah stunting atau terlambat tumbuh, Bunda.

Di dalam daging merah juga terdapat banyak vitamin B6 dan B12 lho. Vitamin B6 berfungsi untuk perkembangan otak, sementara B12 untuk pembentukan sel darah merah dan meningkatkan sistem saraf yang sehat.

7. Pisang

Buah pisang paling sering diberikan sebagai menu MPASI pertama anak. Buah ini memang memiliki tekstur lembut dan dipercaya bisa mengatasi diare pada anak-anak.

Pisang mengandung serat, potasium, mineral, dan karbohidrat. Dalam buah ini juga terdapat vitamin C dan B6, Bunda.

Keseimbangan antara vitamin dan mineral di buah pisang memiliki segudang manfaat kesehatan. Pisang bermanfaat untuk kesehatan otak, tulang, dan tulang anak.

8. Alpukat

Buah lain yang bernutrisi tinggi untuk anak adalah alpukat. Buah alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan si Kecil.

Buah ini mengandung vitamin K, C, E, B5, dan B6. Vitamin B5 berfungsi untuk membuat sel darah merah dan hormon adrenal yang mengatur metabolisme, sistem kekebalan tubuh, dan tekanan darah.

Sementara itu, vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Konsumsi alpukat disarankan pada anak-anak karena teksturnya yang lembut dan bisa divariasikan dalam menu makan.

9. Telur

Telur dapat menjadi pilihan makanan sumber protein untuk anak ya, Bunda. Di dalam telur mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, D, E, dan K. Kandungan vitamin B2 paling banyak di telur, sementara vitamin D dapat ditemukan di kuning telur.

Vitamin B2 berfungsi untuk menghasilkan energi dan kesehatan saluran cerna. Sementara vitamin D baik untuk meningkatkan kesehatan tulang, gigi, dan otot anak.

10. Kacang-kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung vitamin E lho, Bunda. Beberapa di antaranya adalah kacang almond, cashew, walnut, dan hazelnut.

Selain untuk menangkal radikal bebas, vitamin E juga berfungsi untuk melindungi sel dan jaringan dari kerusakan. Vitamin anak ini pun berperan penting untuk kesehatan tulang.

Kacang bisa dikenalkan sejak dini pada anak dengan tekstur yang dihaluskan. Perhatikan juga apakah si Kecil memiliki alergi ya, Bunda.

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi