sign up SIGN UP search


parenting

5 Tips Atasi Anak Balita Suka Makan Berlebihan

Annisa Karnesyia Minggu, 10 Jan 2021 09:07 WIB
Anak makan Tips Atasi Anak Balita Suka Makan Berlebihan/ Foto: iStock
Jakarta -

Bunda pasti senang ya saat Si Kecil tak pilih-pilih makanan atau jadi picky eater. Tapi, bagaimana jika mereka justru lebih suka makan berlebihan sepanjang waktu?

Makan berlebihan pada anak bisa terjadi saat masa pertumbuhan, terutama di usia balita. Menurut dokter spesialis anak, Rupal Christine Gupta, MD, hal ini normal terjadi karena anak-anak membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan tubuhnya.

Pada kondisi serius, anak yang suka makan berlebihan bisa disebut binge eating disorder (gangguan makan berlebihan). Kondisi ini umumnya terjadi pada anak yang obesitas atau kelebihan berat badan.


"Sulit untuk membedakan apakah anak mengalami gangguan makan berlebihan. Orang dengan kondisi ini mungkin mengalami gangguan kecemasan, depresi, rasa bersalah, atau malu," kata Gupta, dilansir Kidshealth.

Untuk mencegah gangguan makan ini, sebaiknya kita segera mengatasi kebiasaan anak makan berlebihan atau terobsesi dengan makanan. Mengutip Parents, berikut 5 tips mengatasi anak balita yang suka makan berlebihan:

1. Patuhi jadwal makan

Pilih-pilih makanan umum terjadi saat anak usia balita. Tapi, beberapa anak justru ada yang sangat bersemangat mengonsumsi makanan apapun sepanjang waktu, Bunda.

Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan makan anak adalah menghindari kalori berlebih dengan membuat jadwal makan. Buat jadwal makan pagi, siang, malam, dengan satu atau dua kali camilan di waktu sama setiap hari.

Buatlah camilan yang terdiri dari bahan-bahan sehat namun mengenyangkan. Berikan juga Si Kecil air putih untuk mengalihkan rasa lapar dan hausnya.

2. Jangan makan terburu-buru

Makan dengan cepat bisa membuat anak berisiko tersedak. Selain itu, Si Kecil akan sulit menyadari kapan perutnya penuh atau kenyang.

Bunda bisa sajikan makanan berserat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan ya. Jenis makanan ini bisa menurunkan kecepatan makan anak karena perlu tenaga lebih untuk mengunyah.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA untuk tahu 3 tips lainnya, Bunda.

Simak juga dampak buruk memberi makan anak sambil jalan-jalan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19
(ank/rap)
Tips mengatasi anak suka makan berlebihan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi