parenting

5 Cara Menyimpan Sayur dan Buah agar Tetap Segar di Kulkas

Zika Zakiya Kamis, 20 Sep 2018 17:00 WIB
5 Cara Menyimpan Sayur dan Buah agar Tetap Segar di Kulkas
Jakarta -

Menyimpan sayur dan buah di kulkas terkadang bikin pusing nggak sih, Bun? Karena sayur dan buah yang dibeli awalnya segar tapi setelah disimpan di kulkas malah jadi berbau atau bahkan busuk ketika akan digunakan.

Sayur dan buah memang memiliki batasan kesegaran. Walaupun dimasukkan di kulkas, ada faktor udara, suhu, dan kandungan zat di dalam sayur dan buah yang membuat sayur dan buah akhirnya cepat busuk.

Nah untuk mengakalinya, Bunda bisa menggunakan lima tips seperti dilansir The Kitch berikut:


1. Jangan Simpan Sayur dan Buah dalam Satu Wadah Sama

Ilustrasi cara menyimpan buah dan sayurIlustrasi cara menyimpan buah dan sayur Foto: shutterstock

Buah mengandung ethylene (zat pematang) yang tinggi sehingga bisa 'mematangkan' dan merusak sayur yang ada di sekitarnya. Untuk itu, hindari menyimpan buah dan sayur dalam wadah yang sama ya, Bun.

2. Sisihkan Dedaunan di Ujung

Ilustrasi menyimpan wortel di kulkasIlustrasi menyimpan wortel di kulkas Foto: Thinkstock


Sebelum Bunda memasukkan sayur ke kulkas, lepas semua karet dan pengikat yang melilitnya. Jangan lupa juga sisihkan ujung-ujung sayuran yang memiliki daun, contohnya wortel. Potong daun yang ada di ujung dan sisakan sedikit saja.



3. Jangan Terlalu Pepat

Ilustrasi cara menyimpan sayur Ilustrasi cara menyimpan sayur Foto: Pradita Utama



Sebelum menyimpan sayur dan buah di kulkas, pastikan dulu ada lubang di plastik pembungkus sayur agar ada aliran udara yang masuk. Namun, jangan sampai terlalu banyak sayuran yang disimpan dalam satu wadah yang sama ya, Bun. Sebab, makin pepat disimpan dalam satu wadah, sayur-mayur makin cepat busuk.

4. Pisahkan Pisang

Ilustrasi cara menyimpan buah di kulkasIlustrasi cara menyimpan buah di kulkas Foto: Istimewa


Bila di kantong belanjaan ada pisang dan Bunda hendak menyimpannya di kulkas, baiknya pisahkan pisang dengan buah lain. Sebab, pisang termasuk buah yang cepat matang. Ketika diletakkan berdekatan dengan buah lain, pisang akan mempercepat proses kematangan buah di sekitarnya.


5. Ketahui proses pematangan buah

Ilustrasi cara menyimpan buah dan sayurIlustrasi cara menyimpan buah dan sayur Foto: Istock



Bunda perlu tahu, proses pematangan buah seperti alpukat, tomat, mangga, melon, apel, dan pir tetap berlanjut ketika ditaruh di luar kulkas. Beda dengan buah seperti anggur, semua jenis jeruk, dan berri yang akan membusuk jika nggak disimpan di kulkas. Maka dari itu, anggur, semua jenis jeruk dan berri wajib dimasukkan ke kulkas ya, Bun.

Semoga panduan ini bisa membantu Bunda ya sehingga sayur dan buah yang dibeli nggak terbuang percuma. Sehingga, pengeluaran untuk belanja jadi lebih hemat deh. Selamat mencoba, Bun!

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi