sign up SIGN UP search

parenting

Tips untuk Bunda Atasi Si Kecil yang Tolak Makan Sayur dan Buah

Annisa Afani Sabtu, 27 Feb 2021 14:18 WIB
Child is eating vegetables. He is very happy. caption
Jakarta -

Bagi beberapa anak cenderung bertipe pemilih makanan. Pada umumnya, makanan yang ditolaknya yakni jenis sayur dan buah-buahan.

Alasan penolakan makanan jenis tersebut pun beragam, salah satunya karena merasa sulit untuk mengunyah atau tekstur yang dimiliki makanan tersebut tak sesuai dengan giginya.

Alternatif yang dapat Bunda terapkan pada anak agar mereka tetap mendapat nutrisi yang dibutuhkan dari buah dan sayur yakni dengan mengolahnya menjadi jus atau smoothies. Dengan begitu, anak dapat mengonsumsi sayuran dan buah dengan lebih mudah.


Untuk Bunda ketahui, pola makan anak sebenarnya dapat dibentuk dengan mudah, lho. Dengan begitu, si kecil tak memilih-milih makanan dan dapat memperoleh nutrisi cukup dari berbagai jenisnya selama masa pertumbuhan.

Cara tersebut dapat dibentuk sejak anak masih dalam kandungan. Ini berkaitan dengan kebiasaan makanan yang Bunda konsumsi, karena sebenarnya, anak turut mencicipinya.

Banner kiat khusus merawat janda bolongFoto: HaiBunda

"Membentuk selera makan anak bisa dimulai sejak ia masih dalam kandungan. Karena apa yang ibunya makan, itu akan terasa bagi bayi di rahim," tutur ahli gizi Dr. Sylva Irawati M. Gizi dalam webinar Re Juve dengan tema Protecting Your Family with Natual Nutrients From #Cleanlabel Product, pada Kamis (25/2/2021).

"Jadi Kalau ingin anak nantinya suka sama sayur, maka cobalah untuk start from beginning. Mulailah sejak kita tahu sedang mengandung atau bahkan sebelumnya. yang belum menikah, milikilah dulu gaya hidup yang sehat pilihan makan yang sehat. Jadi kita enggak susah di belakang," sambungnya.

Selanjutnya, masalah lain yang ditemukan pada anak yang menolak makan sayur dan buah ini adalah kurangnya minat atau ketertarikannya pada sajian atau olahan. Dengan tampilan yang tak menarik, anak biasanya menilai sayur dan buah tersebut memiliki cita rasa yang tak enak.

Selanjutnya simak tips lebih lengkap dari Dr. Sylvia di halaman selanjutnya ya, Bun.

Bunda, simak juga resep jus semangka susu fermentasi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JANGAN PAKSA ANAK MAKAN SAYUR & BUAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!