parenting

Pentingnya Momen Makan Pertama Si Kecil

Tia Reisha Kamis, 25 Apr 2019 11:18 WIB
Pentingnya Momen Makan Pertama Si Kecil
Jakarta - Memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Saat inilah momen makan pertama mereka menjadi sangat penting, Bun.

Sebab, pada momen ini anak akan mulai diajarkan mengenal tekstur dan rasa untuk memberikan berbagai pengalaman makan sehingga nantinya ia tidak akan susah makan di kemudian hari.

"Pada saat mulai memasuki usia 6 bulan bayi harus diberi makan pendamping. Tanda-tandanya mulai kelihatan seperti bayi akan menangis kalau kekurangan ASI karena akan merasa haus dan lapar. Kemudian bayi mulai memasukkan sesuatu ke mulutnya dan air liur bayi akan banyak. Jangan memberikan MPASI terlalu cepat atau telat karena ini akan berdampak terhadap tumbuh kembangnya," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr.Muliaman Mansyur kepada HaiBunda, Kamis (25/4/2019).


Momen makan pertama bagi si kecil juga bermanfaat untuk hal lainnya lho, Bun. Misalnya, agar si kecil mendapatkan asupan nutrisi selain dari ASI. Selain itu, ujar Muliaman, momen ini juga penting untuk merangsang dan menstimulasi panca indranya.

"Momen makan pertama juga penting untuk merangsang dan menstimulasi panca indraseperti indra perasa, indra penciuman, dan motorik kasar bayi pada saat proses memberikan makan seperti memegang makanan," lanjut Muliaman.


Tapi, Bun, makanan yang diberikan pada momen makan pertama si kecil juga perlu diperhatikan dan diberikan secara bertahap. Misalnya dari yang cair ke yang lunak. Sedangkan jenis nutrisi yang bisa diberikan misalnya yang berbahan susu, low allergen, dan jangan memberikan yang mengandung gula tambahan ya.

"Biasanya MPASI dalam bentuk bubur bayi dan diberikan 3 kali sehari. Sedangkan ada juga bentuk snack bayi biasanya diberikan di antara jam makan," sambung Muliaman.

Selain itu, kalau usia anak sudah di atas 6 bulan, Bunda bisa juga memberinya buah tapi tidak dalam bentuk utuh ya, Bun. Jadi bunda cukup memberi sari buah atau buah yang dihaluskan jika usia si kecil sudah 8-12 bulan.

"Manfaatnya lebih kepada mengenalkan rasa, tekstur yang cair dan halus dari buah, serta memberikan vitamin dan mineral yang alami yang ada di buah. Pada anak di atas 1 tahun manfaat dari pemberian buah sendiri di samping memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral juga membantu saluran pencernaan. Untuk bayi di bawah usia satu tahun, hindari pemberian jus karena biasanya jus buah dibikin dengan memberi gula sebagai pemanis," jelas Muliaman.

Bunda bisa memberi buah pada si kecil dengan menghaluskannya menggunakan blender tanpa tambahan gula atau biasa disebut sebagai puree buah.

Supaya bunda tidak repot membuat puree buah, kini Bunda bisa memilih puree buah dalam kemasan praktis seperti Milna Nature Delight. Puree buah ini terbuat dari 100 persen buah asli tanpa bahan pengawet dan tanpa gula tambahan.

Milna Nature Delight juga mengajarkan si kecil banyak rasa karena buah yang ada di dalam Milna Nature Delight adalah kombinasi beberapa buah-buahan. Sehingga si kecil bisa merasakan berbagai sensasi rasa di dalam 1 pouch Milna Nature Delight tersebut. (mul/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi