parenting

Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 1-12 Bulan

SIti Hafadzoh Selasa, 02 Oct 2018 07:11 WIB
Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 1-12 Bulan
Jakarta - Setelah genap satu bulan, tahap perkembangan penglihatan bayi semakin meningkat. Tidak hanya jarak pandangnya saja yang semakin luas. Si kecil juga mampu mengenal orang dan objek-objek yang ada di sekitarnya lho, Bun.

Dilansir Parents, kecepatan perkembangan setiap bayi berbeda-beda. Untuk memastikan penglihatannya berkembang dengan baik, ada panduannya nih, Bun untuk melihat tahapan perkembangan penglihatan bayi.

1 Bulan


Di usia satu bulan, penglihatan bayi mulai bisa mengikuti arah cahaya. Di usia ini, si kecil bisa melakukan kontak mata lho dengan Bunda. Meski begitu, matanya masih belum sensitif kok terhadap cahaya. Jadi, lampu atau cahaya tidak akan memengaruhi proses tidur si kecil.

2-3 Bulan

Tahapan perkembangan penglihatan bayi di usia ini yakni dia melakukan kontak mata yang lebih lama dari sebelumnya. Tidak hanya kontak mata, bayi di usia ini juga memperhatikan gerak bibir orang yang sedang bicara di hadapannya. Kemudian, pandangan bayi mulai mudah teralihkan oleh pemandangan yang menarik perhatiannya.

Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi Tahapan Perkembangan Penglihatan Bayi/ Foto: Dani Irawan
3-6 Bulan

Lucunya, di usia ini bayi sering melihat dan memainkan kaki serta tangannya. Sepertinya ketika si kecil sudah berusia 3-6 bulan, Bunda perlu membeli mainan dan buku cerita bergambar. Soalnya, di usia ini bayi menyukai mainan dan gambar terlebih dengan warna menarik. Dia sudah mulai memperhatikan mainan yang jatuh dan menggelinding lho, Bun.



7-10 Bulan

Minat bayi pada gambar sudah terlihat di usia 7-10 bulan. Ia juga dapat mengenali objek. Tapi, Bunda harus berhati-hati nih karena si kecil sering juga memperhatikan remahan makanan. Jangan sampai, ia memakan remah makanan yang jatuh ke lantai ya, Bun.

11-12 Bulan

Menjelang usia satu tahun, bayi akan lebih suka mamandangi jendela. Bayi juga sudah bisa membedakan orang dan gambar. Biasanya, bayi usia ini sangat suka permainan petak umpet.

Untuk tahap perkembangan penglihatan bayi yang optimal, Bunda perlu menstimulasi penglihatannya dengan berbagai cara. Misalnya memberi mainan dengan warna cerah dan memperlihatkan aneka gambar.

Tahapan perkembangan penglihatan bayiTahapan perkembangan penglihatan bayi/ Foto: dok.HaiBunda
Kepada detikcom, dr Ari Djatikusumo, SpM(K) dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) mengatakan, "Bayi kan bisa kaya ngeliatin muka orang ngikutin, itu bisa distimulasi dengan objek-objek yang berwarna cerah. Pasti warna-warni kan mainan anak, nah itu salah satu cara menstimulasi kerja otot mata agar sinkron dengan otak."

Ketidaksesuaian antara mata dan otak bisa memicu kelainan seperti mata juling dan tidak bisa melihat lurus. Makanya, stimulasi diperlukan banget untuk si kecil, Bun. (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi