parenting

Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi 0-4 Minggu

SIti Hafadzoh Minggu, 30 Sep 2018 11:04 WIB
Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi 0-4 Minggu
Jakarta - Untuk memantau tumbuh kembang anak, penting banget buat orang tua mengetahui tahap perkembangan penglihatan bayi. Misalnya, bayi baru lahir sudah bisa melihat lho.

Meski jarak pandangnya masih terbatas, pada usia tertentu, bayi mulai bisa mengenal wajah Bunda nih. Kemampuan pengelihatannya berkembang seiring pertambahan usia. Nah, bayi melihat suatu objek samar-samar atau tidak, itu tergantung jaraknya juga, Bun.

"Kalau suatu objek atau orang lain jaraknya satu meter dari pandangan anak ya pasti dia enggak bisa melihat dengan jelas. Tapi tadi, kalau jaraknya 20 cm bisa," ujar dr Meta Hanindita, dokter spesialis anak kepada detikcom.


Dilansir Parents, berikut tahapan perkembangan penglihatan bayi sejak lahir sampai usia 4 minggu.

1. Minggu pertama

Pada minggu pertama, bayi sudah bisa melihat lho, Bun. Hanya saja, mereka hanya bisa melihat dengan jelas pada jarak 20-30 cm. Jarak ini ini sama seperti saat Bunda sedang menyusui si kecil. Biasanya pada usia satu minggu, bayi hanya akan memandang selama beberapa detik.

Meskipun sudah bisa melihat, bayi belum bisa membedakan warna. Dia hanya bisa melihat hitam dan putih dengan nuansa abu-abu. Seiring berjalannya waktu, kemampuan bayi dalam melihat warna mulai berkembang. Karena itulah, bayi suka melihat warna-warna yang kontras seperti kuning, merah, dan oranye.

Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi 0-4 MingguTahap Perkembangan Penglihatan Bayi 0-4 Minggu/ Foto: dok.haibunda
2. Minggu Kedua

Pada fase ini si kecil mulai bisa mengenal wajah orang yang mengasuhnya. Entah itu ibu, ayah, nenek, ataupun pengasuh. Ia akan fokus ke wajah Bunda untuk beberapa saat ketika sedang bicara atau tersenyum padanya. Di minggu kedua, jarak penglihatan bayi masih 20-30 cm. Jadi, tetap melakukan komunikasi jarak dekat dengan si kecil ya, Bun.



3. Minggu Ketiga

Di minggu ini, tahap perkembangan penglihatan bayi yakni dia mulai bisa mengenal wajah orang di sekitarnya. Meskipun, jarak pandang si kecil masih pada 20-30 cm. Tapi, durasi anak memperhatikan wajah Bunda sedikit lebih lama. Bayi bisa menahan pandangannya selama kurang lebih 10 detik.

Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi 0-4 MingguTahap Perkembangan Penglihatan Bayi 0-4 Minggu/ Foto: dok.HaiBunda
4. Minggu Keempat

Di minggu keempat, bayi sudah bisa melihat ke kedua sisi. Ia akan mengikuti arah objek yang bergerak di depannya sambil kepalanya ikut menengok. Bunda perlu tahu, bayi baru akan bisa menggerakkan atau melirik di usia 2-4 bulan.

Untuk mendorong kemampuan pengelihatan si kecil, Bunda perlu melakukan berbagai stimulasi sesuai tahap perkembangannya. Misalnya memberi aneka mainan dengan terang hingga berkomunikasi lebih dekat dengan bayi.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi