parenting

5 Tips Atasi Jet Lag Saat Bawa Balita seperti Kim Kardashian

Asri Ediyati Jumat, 26 Oct 2018 16:02 WIB
5 Tips Atasi Jet Lag Saat Bawa Balita seperti Kim Kardashian
Jakarta - Bepergian jauh dengan anak bukanlah hal yang gampang. Ada banyak 'amunisi' yang harus dipersiapkan. Baru-baru ini diberitakan akun gosip, Kim Kardashian dan keluarganya sedang berlibur ke Bali. Bukan hanya Kim, Kourtney, dan Khloe Kardashian juga ikut serta. Tentunya, liburan kali ini Kim dan saudara-saudaranya membawa anak-anak.

Ketika berpergian jauh, bisa dibilang jet lag adalah hal yang pasti dialami. Ritme tubuh akan menyesuaikan waktu setempat. Akan tetapi, kita semua pasti nggak ingin efeknya berlarut. Berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, lima tips atasi jet lag saat bawa balita seperti Kim Kardashian.

1. Sesuaikan jadwal tidur


Jika membawa anak, jangan lupa menyesuaikan jadwal tidur mereka 2-3 hari sebelum keberangkatan. Hal ini sangat membantu mereka menyesuaikan waktu lokasi tujuan berlibur.

2. Tidur cukup selama penerbangan

Tidur yang cukup selama penerbangan cukup ampuh mengatasi jet lag pada balita. Jika mereka sulit tidur, dikutip dari Boarding Area, ada beberapa hal yang bisa membantu si kecil tidur nyenyak di pesawat yakni headphone dan masker mata.

5 Tips Atasi Jet Lag Saat Bawa Balita seperti Kim Kardashian/ 5 Tips Atasi Jet Lag Saat Bawa Balita seperti Kim Kardashian/ Foto: Instagram




3. Pastikan anak cukup minum

Dehidrasi rentan terjadi ketika anak mengalami jet lag. Jadi pastikan si kecil minum banyak air selama penerbangan. Hindari minum kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya. Bila perlu jangan lupa untuk konsumsi suplemen, Hillary Roland, ND dokter naturopatik dari Colorado merekomendasikan melatonin, suplemen yang dijual bebas kadang-kadang digunakan sebagai bantuan tidur.

"Suplementasi melatonin bisa mengobati jet lag. Manfaat menggunakan melatonin cenderung lebih besar ketika melintasi zona, dosisnya tergantung pada berat badan anak, tetapi harus konsultasikan dulu dengan dokter anak," kata Hillary dikutip dari Parent Map.

4. Lakukan stretching dalam pesawat

Dalam penerbangan panjang, cobalah ajak anak untuk melakukan peregangan atau stretching secara teratur. Hal ini untuk melancarkan peredaran darah.

5. Anak harus aktif saat sudah tiba di lokasi tujuan

Setelah tiba, ajak anak-anak untuk aktif di luar pada siang hari. Beberapa ahli menyarankan untuk tidak tidur siang. Cobalah untuk mengikuti waktu setempat di lokasi tujuan. Demikian dikutip dari Kids Health.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi