parenting

Cara Seru Mengenalkan Warna pada Si Kecil

Selasa, 30 Oct 2018 10:10 WIB
Cara Seru Mengenalkan Warna pada Si Kecil
Jakarta - Bunda, cara mengajarkan si kecil banyak hal bisa dengan cara yang seru lho. Misalnya bunda bisa memperkenalkan warna saat bermain dengan menunjuk ragam mainan si kecil dan memberi tahu aneka warna pada mainan tersebut.

Faktanya, si kecil sudah bisa mengenal warna sejak masih bayi, tapi Bunda tetap harus mengenalkan warna ke anak secara bertahap. Pada usia dua tahun, si kecil akan senang menyebutkan warna-warna. Berlanjut ke usia 2,5 tahun, anak mulai bisa membedakan warna-warna gelap dan cerah. Ketika menginjak usia 3 tahun, anak akan lebih pintar dalam mengenal warna.

Namun ingat ya Bun, perkembangan si kecil mengenal warna tergantung pada kemampuan mengingat dan bicara. Jadi bunda juga harus sabar menuntun si kecil mengenal warna.



Selain lewat bermain, bunda juga bisa mengajarkan anak mengenal warna ketika makan melalui buah-buahan. Apalagi buah juga penting diberikan ke anak karena memiliki kandungan nutrisi yang baik. Namun kapan waktu memberikan buah yang tepat bagi si kecil dan apa jenis buahnya?

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, mengatakan bayi di bawah 6 bulan biasanya belum diberikan buah. Saat bayi di atas 6 bulan, bunda bisa memberikan sari buah pada si kecil untuk mulai mengenalkan rasa dan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya.

"Bisa memberikan apel dan pisang yang kaya akan vitamin dan mineral. Di samping itu, apel dan pisang punya kandungan gula alami dari buah yang memberikan rasa yang tentu disukai oleh si kecil," ujar dr Muliaman kepada HaiBunda, baru-baru ini.

Kandungan pada apel seperti vitamin A, B1, B2, dan C baik untuk anak guna membantu pertumbuhan tulang, organ, kulit, darah, dan jaringan otak. Sementara pisang baik untuk anak karena kandungan karbohidrat yang bisa memberi energi untuk anak belajar dan beraktivitas.

dr Muliaman mengungkapkan agar tidak memberikan jus pada anak di bawah satu tahun karena biasanya jus buah dibikin dengan memberikan gula sebagai pemanis. Namun bunda bisa memberi puree buah tanpa gula.

"Jadi manfaat sari buah atau puree buah pada si kecil adalah di samping dapat vitamin dan mineral, juga akan memperkenalkan rasa dan tektur dari puree sendiri," katanya.


Walaupun mengonsumsi buah dalam bentuk puree, Bunda bisa mengajak si kecil untuk memegang buah-buahan dalam bentuk utuh dan mengenalkan warnanya saat mereka hendak mengonsumsi puree buah.

Saat ini bunda tak perlu lagi repot memotong atau membuat puree buah agar si kecil bisa makan buah dengan praktis. Ada puree buah Milna Nature Delight yang terbuat dari 100% buah asli, tanpa pengawet, dan tanpa tambahan gula. (ega/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi