sign up SIGN UP search


parenting

Pelajaran untuk Ortu dari Insiden Saat Telinga Anak Ditindik

Asri Ediyati Selasa, 13 Nov 2018 19:10 WIB
Baru-baru ini viral video anak mengalami insiden saat telinganya ditindik. Duh, jangan sampai hal semacam ini terjadi pada si kecil ya, Bun. caption
Jakarta - Menindik telinga anak perempuan di Indonesia adalah hal yang umum dilakukan. Sudah seperti budaya, kalau anting adalah perhiasan 'wajib' dipakai oleh perempuan Indonesia. Soal tindik-menindik telinga bayi, baru-baru ini viral video balita yang mengalami kecelakaan saat telinganya ditindik.

Dibagikan oleh akun Facebook Eris Riswandi, video berdurasi 21 detik itu seketika viral dan mendapat banyak respons dari warganet. Pasalnya, video tersebut cukup bikin ngilu. Dalam video, seorang anak perempuan tampak duduk dipangku ibunya, kemudian ada dua petugas yang menindik kedua telinganya secara bersamaan.

Telinga kanannya berhasil ditindik dengan lancar, tapi telinga kirinya tidak. Alat tindikannya malah tersangkut di telinga. Alhasil si kecil menangis dengan histeris.


"Buat para ibu, hati hati kalau menindik (terlinga) anaknya jangan sampai kejadian seperti ini kepada anak kita, lagipula kalau bukan oleh tenaga medis kayaknya kurang aman. Kalau bisa tindik di tempat yang lebih terpercaya. Yang di bawah ini biasa di pakai buat tindik ABG," tulis Eris di Facebook.

Duh, jangan sampai terjadi lagi kecelakaan seperti itu. Seram banget ya, Bun. Terkait menindik telinga anak, dr Liza Meilany, SpA dari RS Permata Depok bilang sebenarnya nggak ada patokan usia untuk menindik. Artinya bisa kapan saja. Tapi kalau bayi masih kecil lebih mudah, karena anak belum bergerak ke sana ke mari alias cenderung lebih anteng.
Pelajaran untuk Ortu dari Insiden Saat Telinga Anak DitindikPelajaran untuk Ortu dari Insiden Saat Telinga Anak Ditindik/ Foto: Facebook


"Intinya usia berapa saja bisa, yang penting dilakukan di tempat yang benar dan steril. Nah, setelah penindikan dilakukan, jaga area sekitar tetap higienis untuk meminimalkan infesi. Infeksi bisa terjadi jika alat tindik yang digunakan tidak bersih plus perawatan telinga yang kurang bersih. Tanda infeksi yaitu telinga anak terasa nyeri, demam, mengalami perdarahan, atau bahkan bernanah," papar dr Liza.

Sementara itu dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan jika memang terjadi infeksi, disarankan untuk segera membawa anak ke dokter. Setelah diobati, kalau Bunda mau menindik lagi telinga si kecil bisa kok.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi