parenting

6 Manfaat Nonton Film Kartun seperti 'Toy Story 4' untuk Anak

Safira Raudhatul Rabu, 14 Nov 2018 08:05 WIB
6 Manfaat Nonton Film Kartun seperti 'Toy Story 4' untuk Anak
Jakarta - Film kartun bisa jadi tayangan yang menarik bagi sebagian besar anak. Banyak macam varian film kartun yang disukai seperti Peter Pan, Aladdin dan Cinderella. Di 2019 nanti akan dirilis film animasi 'Toy Story 4' yang masih menceritakan kisah Woody dan teman-temannya.

Selama ini, si kecil hobi nonton film kartun macam 'Toy Story 4'? Kalau iya, ada empat manfaat nonton film kartun bagi anak seperti dilansir Parenting First Cry berikut ini.

1. Jadi awal belajar anak


Menonton film kartun seperti 'Toy Story 4' dapat membantu anak mulai belajar lebih cepat. Pengaruh positif kartun juga membantu anak belajar bentuk, angka, dan warna. Tidak hanya itu, film kartun juga mengajarkan anak sesuatu dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Misalnya lewat gambar animasi dan beraneka warna yang menarik perhatian anak.

2. Melatih kognitif

Menonton film kartun dapat membantu mengembangkan keterampilan kognitif anak seperti mengingat, memperhatikan, selektif terhadap sesuatu serta melatih logika dan penalaran.

3. Belajar bahasa

Saat menonton film kartun, anak bisa mengembangkan bahasanya lho, Bun. Melatih kemampuan berbahasa anak tidak hanya di sekolah atau tempat les. Sebab, anak juga bisa belajar bahasa dari menonton film kartun.

4. Melatih kreativitas

Film kartun dapat membantu meningkatkan imajinasi dan kreativitas. Anak dapat mengembangkan ide-ide baru yang terinspirasi dari kartun yang dia tonton.



5. Meredakan stres

Ilustrasi anak nonton film kartunIlustrasi anak nonton film kartun Foto: thinkstock
Saat menonton film kartun, pasti anak akan terhibur dengan tingkah yang dilakukan oleh si tokoh dan anak pun tertawa dibuatnya. Seperti kita tahu, tertawa adalah pelepas stres yang baik dan membangun kepercayaan diri serta meningkatkan perasaan yang positif.

6. Mendapat edukasi

Menonton kartun adalah cara yang bagus untuk mengajari anak tentang adat istiadat, tradisi, sejarah dan mitologi. Menonton film kartun juga mengajari anak tentang kebersamaan dan kesetiaan dalam pertemanan seperti yang selama ini terhambat dalam film 'Toy Story'.

Tetapi, Bun, saat anak menonton film kartun sebaiknya tetap didampingi ya supaya anak mendapatkan penjelasan dari orang tua mengenai alur cerita di film tersebut. Disampaikan psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi, orang tua wajib menemani anaknya ketika nonton dan jelaskan dengan netral jika anak bertanya di tengah-tengah tontonan.

Jadi anak tidak mendeskripsikan film itu sendirian, termasuk saat anak nonton 'Toy Story 4' nanti nih, Bun. Peran orang tua saat menemani anak tidak hanya menjelaskan alur cerita tetapi juga memberikan jawaban ketika anak bertanya di tengah-tengah film yang di tontonnya.

"Jangan buat opini sendiri, misal ketika anak menonton ada animasi yang anaknya dengan kedua orang tuanya sama-sama perempuan, jelaskan saja bahwa ayah si anak sedang keluar dan perempuan tersebut adalah tantenya," kata Ratih.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi