parenting

4 Nilai Moral dari Petualangan Woody di Film Toy Story 4

Annisa Karnesyia Kamis, 20 Jun 2019 13:35 WIB
4 Nilai Moral dari Petualangan Woody di Film Toy Story 4
Jakarta - Petulangan Woody dan teman-temannya kembali lagi ke layar lebar dalam Toy Story 4. Kali ini, Disney dan Pixar juga menghadirkan petualangan dan karakter-karakter baru yang enggak kalah seru.

Sutradara Josh Cooley menjelaskan, sekuel lanjutan kali ini akan mengungkap kehidupan Woody bersama mainan dan pemilik barunya. Di akhir film sebelumnya, pemilik Woody, Andy, memberikan semua mainan bonekanya ke anak perempuan bernama Bonnie.


Hidup menjadi mainan, pastinya enggak mudah ya? Awal kehidupan Woody bersama Bonnie baik-baik saja. Namun, saat Bonnie menemukan mainan baru, Woody pun dilupakan.


Jalan cerita di film ini begitu detail dengan unsur komedi yang menghibur hampir di setiap adegan. Selain itu, banyak juga nilai moral yang bisa Bunda ajarkan ke si kecil. Yuk, simak.

1. Menghargai diri sendiri

Ada karakter mainan baru yang muncul dan dibuat oleh Bonnie dari garpu bekas bernama Forky. Forky selalu merasa dirinya 'sampah' dan bukan mainan.

Saat itulah Woody berusaha menunjukkan pada Forky bagaimana dia harus menghargai dirinya sebagai mainan. Woody coba menunjukkan kasih sayang Bonnie pada Forky sebagai mainan barunya.

Berbicara tentang menghargai diri sendiri, konsultan kesehatan mental, Mary Ann Benson, M.S.W.,L.S.W mengatakan menghargai diri sendiri adalah salah satu komponen yang bisa dipelajari anak sejak kecil. Cara terbaiknya, orang tua menjadi role model anak.

"Jelaskan pada mereka bahwa dirinya itu adalah individu yang penting. Jangan hanya fokus tentang apa yang menjadi pikiran orang, tapi apa yang kita rasakan," kata Benson, dikutip dari Educate Empower Kids.

4 Nilai Moral dari Petualangan Woody di Film Toy Story 4/ Foto: Toy Story 4 (imdb)4 Nilai Moral dari Petualangan Woody di Film Toy Story 4/ Foto: Toy Story 4 (imdb)/ Foto: Toy STory 4 (IMDB)

2. Persahabatan

Setia kawan dan persahabatan sepertinya menjadi ciri khas Film Toy Story. Bedanya, kali ini Woody dibantu teman lamanya Bo Peep dan teman-teman barunya Giggle McDimples, Duke Caboom, serta sepasang boneka lucu Bunny dan Ducky untuk menyelamatkan Forky dan melawan boneka bernama Gabby.

Dari film ini kita belajar bahwa teman itu begitu penting, Bun. Kata penulis buku Nobody Likes Me, Everybody Hates Me, Michele Borda, teman bisa membuat kita nyaman di lingkungan baru.

"Teman bisa buat anak nyaman dengan lingkungan baru seperti di taman kanak-kanak. Mereka bisa fokus dengan tugas belajarnya ketimbang dengan siapa mereka main," ujar Borda dilansir Parents.
3. Berpikir terbuka

Saat Woody bertemu Bo Peep, dia belajar banyak hal baru. Bo Peep selama ini hidup bebas karena tidak ada pemiliknya, Bun.

Selain berpetualang, Bo Peep juga membuka pikiran Woody untuk melihat dunia luar. Bahwa tanpa pemilik pun, mereka tetap bisa menghibur anak-anak lainnya.

Mengutip dari Motherly, mengajarkan anak untuk berpikir terbuka dimulai dari orang tua. Artinya kita harus mencontohkan juga ke anak. Selain itu, sering ajukan pertanyaan, ajak mereka bereksplorasi dan ajari mereka jadi pendengar yang baik.

4 Nilai Moral dari Petualangan Woody di Film Toy Story 4/ Foto: Toy Story 4 (imdb)4 Nilai Moral dari Petualangan Woody di Film Toy Story 4/ Foto: Toy Story 4 (imdb)/ Foto: Toy Story 4 (imdb)


4. Berani mengambil risiko

Woody terlalu takut mengambil risiko untuk dirinya sendiri. Baginya dia cuma punya tugas untuk membuat pemiliknya bahagia. Di akhir cerita, keberanian Woody diuji untuk mengambil risiko terbesar dalam hidupnya.

Penulis When Mommy Has Our Baby, Rachel Cedar, MSW mengatakan jika sebagai orang tua kita tidak boleh ragu saat anak mencoba mengambil risiko. Jika tidak didukung, anak bisa takut, selalu khawatir dan berpikir dirinya lemah.

"Bila dia mencoba sesuatu yang baru, biarkan dan jangan dipaksakan. Tapi juga tidak boleh mengajari anak untuk menyerah," kata Cedar, melansir dari Scary Mommy.

Menarik kan, Bun? Biar enggak penasaran, Bunda bisa ajak si kecil untuk menyaksikan film Toy Story 4 ini pada 21 Juni 2019. Mumpung masih libur sekolah, Bun.
(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi