sign up SIGN UP search


parenting

Keseharian Pangeran Charles Bersama Cucu-cucunya

Asri Ediyati Rabu, 14 Nov 2018 11:34 WIB
Berulang tahun ke-70 dan memiliki cucu membuat perubahan besar dalam diri Pangeran Charles. caption
Jakarta - Terlepas dari perannya sebagai pewaris tahta Inggris dan peran penting lainnya, Pangeran Charles adalah sosok kakek penyayang. Putra pertamanya, Pangeran William mengungkapkan peran sang ayah yang begitu 'brilian' untuk keluarga terutama cucunya.

"Ini bagian yang berbeda dari hidup kita. Memberi semangat para cucu adalah hal yang hebat. Menunjukkan mereka hal-hal yang menarik minatnya. Nenek saya melakukan itu, dia luar biasa. Sangat penting untuk menciptakan ikatan dengan cucu ketika mereka masih sangat muda," kata Pangeran Charles dikutip dari Hello Magazine.

Istri Pangeran Charles, The Duchess of Cornwall Camilla Parker Bowles mengaku Charles tak sungkan untuk berlutut dan merangkak dengan cucunya selama berjam-jam.


"Ia membuat suara lucu dan tertawa bersama cucu-cucunya," kata Camilla di film dokumenter BBC, 'Prince, Son and Heir: Charles at 70'.

Keseharian Pangeran Charles Bersama Cucu-cucunyaKeseharian Pangeran Charles Bersama Cucu-cucunya/ Foto: Pangeran Charles dan keluarga (dok. Clarence House/Twitter)

Penulis berita kerajaan dari Daily Mail, Robert Hardman mengungkapkan Pangeran George dan Putri Charlotte memanggil Pangeran Charles dengan sebutan 'Grandpa Wales'. Hal ini ternyata menurun dari Ratu Elizabeth II yang memanggil kakeknya, George V dengan sebutan 'Grandpa England'.

"Pangeran Charles banyak berkonsultasi dengan Pangeran William dalam semua keputusan keluarga besar. Termasuk tentang harapannya bahwa salah satu cucunya, mungkin George, suatu hari akan mengambil alih tanggung jawabnya menjadi ketua badan amal," tulis Robert.

Selain Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis, Camilla memiliki lima cucu yakni Lola dan Freddie Parker Bowles, Eliza Lopes, Gus dan Louis Lopes. "Cucu-cucu saya sangat menyukai Pangeran Charles, sungguh. Dia membacakan cucunya buku Harry Potter dan dia bisa membuat suara yang berbeda dan saya pikir anak-anak sangat senang dengan itu," kata Camilla.

Dalam film dokumenter yang sama, Pangeran William menggambarkan Pangeran Charles sebagai kakek yang sempurna dan berharap ayahnya memiliki lebih banyak waktu bersama anak-anaknya.

"Sekarang dia (Pangeran Charles) sudah berumur usia 70 tahun. Kadang kita merasa khawatir dengan orang tua dan memastikan kesehatannya baik-baik saja. Ia orang terkuat yang saya kenal. Saya ingin dia fit sampai usia 95 tahun," ujar Pangeran William.

Pangeran William berharap Pangeran Charles sehat selalu dan memiliki lebih banyak waktu bersamanya di rumah dan bermain dengan cucu-cucu. Salah satunya berkebun bersama Pangeran George. So sweet!

Sebuah studi dari peneliti Ralph Hertwig yang dikutip dari detikcom mengungkapkan rasa sayang kepada cucu bisa membuat kakek dan nenek panjang umur, Bun. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil pengamatan terhadap lebih dari 500 orang berusia 70-103 tahun di Jerman dan Swiss.

Kakek nenek yang kadangkala meluangkan waktu untuk mengurus cucu-cucunya dilaporkan masih hidup hingga survei rampung dilaksanakan, yaitu lima tahun kemudian. Sebaliknya, mereka yang tidak membantu mengurus cucu dilaporkan meninggal dalam kurun waktu yang sama.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi