parenting

Bunda, Nggak Perlu Kecil Hati Punya Anak dengan Down Syndrome

Muhayati Faridatun Senin, 03 Dec 2018 10:04 WIB
Bunda, Nggak Perlu Kecil Hati Punya Anak dengan Down Syndrome
Jakarta - Ayah dan Bunda yang memiliki anak dengan Down syndrome sejatinya tak perlu berkecil hati. Ingatlah bahwa anak merupakan anugerah sekaligus amanah yang Tuhan berikan. Lantas, apa yang harus orang tua lakukan selama membesarkan anak berkebutuhan khusus?

Dilansir Parents, sebuah studi yang dirilis American Journal of Medical Genetics mengungkap adanya dampak positif dari Down syndrome dalam kehidupan keluarga. Fakta yang menyejukkan ya, Bun.

Studi tersebut memaparkan, 79 persen orang tua mengaku bahwa pandangan hidup mereka lebih positif lantaran memiliki anak dengan Down syndrome. Tercatat juga 94 persen saudara kandung merasa bangga pada saudaranya yang berkebutuhan khusus.


Sementara itu, 99 persen penyandang Down syndrome mengaku bahagia dengan kehidupannya. Ya, meski cenderung mengalami gangguan kesehatan, harapan hidup mereka kian meningkat seiring kemajuan dunia medis.

Jadi, nggak ada alasan bagi Ayah dan Bunda merasa minder jika memiliki anak dengan Down syndrome. Berikut lima hal yang seharusnya dilakukan orang tua sepanjang membesarkan anak berkebutuhan khusus.

Simak halaman selanjutnya ya, Bunda. (muf/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi